Majalah Digital JanganTulalit

Review LG G5 SE: Desain Modular, Kamera Gahar

3.03K 0

LG G5 SELG G5 tak masuk Indonesia. Sebagai gantinya, produsen henpon  asal Korea Selatan ini memasok LG G5 SE. Harga jual smartphone ini (Rp 8 jutaan) lebih murah dari LG G5 dengan selisih sekitar 1,5 jutaan.Beberapa spesifikasi unggulannya masih tersedia dalam henpon ini. Tapi tak usah kaget juga ya, kalau ada spesifikasi yang diturunkan.

Desain

LG G5 SE picArea ini sangat unik, karena LG G5 SE merupakan salah satu henpon perdana yang mengusung konsep desain modular. Tampilannya sama kok dengan LG G5 dengan bodi dibuat dari material aluminium dalam konsep unibodi. Keunikan dari LG G5 SE adalah bagian modul  bawah yang bisa dicopot bersamaan dengan baterai. Nah, modul bawahnya ini bisa digonta-ganti lho. Sementara di bodi belakang ada sensor sidik jari yang berfungsi sekaligus sebagai tombol power dan sudah mengadopsi port USB Type-C.

Fitur

LG G5 SE punya layar 5,3 inci yang dibalut dengan 3D Arc Glass, membuat layar kelihatan premium dan cembung. Untuk melindungi area touchscreen, henpon ini dilapisi dengan Gorilla Glass 4. Kalau bicara tampilan, gambar yang terpancar di layar IPS Quantum ini sangat mengagumkan berkat resolusi QHD (2560×1440 piksel) menghasilkan kerapatan piksel 554ppi.

Sebagai pelengkap, LG G5 SE punya Always-on Display yang menempel di tengah atas touchscreen. Layar ini tetap hidup menampilkan jam, notifikasi dan lain-lain dengan konsumsi daya minim. Jadi lebih irit baterai.

Sebagai smartphone mutakhir tentu saja LG G5 SE menanamkan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Tapi secara tampilan tak ada perbedaan dengan versi bawaan. LG tampaknya tidak membawa perubahan berarti dari segi antarmukanya. Hanya melakukan perombakan tampilan ikon dan tema dan menghilangkan app drawer.

Kamera menjadi unggulan dari henpon ini. Bagaimana tidak hasil jepretannya benar-benar mengagumkan dengan dukungan lensa ganda yang punya angle sangat wide. LG G5 SE mempunyai sepasang sensor di belakang dimana kamera pertama memiliki 75 derajat Field of View (FoV) dan sensor 16MP sensor, bukaan F1.8 sementara kamera punya sudut 135 derajat FoV dan bukaan F2.4. Jepretannya mirip kamera Go Pro yang punya area tangkapan sangat luas. Oh ya, ponsel ini juga punya kamera depan 8MP.

Kinerja

LG G5 SE pic 2Desain modular LG G5 SE sangat menarik, memungkinkan pergantian modul aksesoris  secara praktis dengan cara bongkar pasang modul di bagian bawahnya. Contohnya, LG saat ini punya modul bernama LG Cam Plus yang bisa menambahkan baterai berkapasitas 1100 mAh dan kontrol perangkat keras (tombol hardware, tombol video, kontrol zoom) ke kamera G5. Dan modul Hi-fi Plus berbasis Bang & Olufsen DAC untuk meningkatkan kualitas audio di ponsel ini.

Dibanding LG G5, henpon ini mengalami degradasi performa. Karena dapur pacunya diturunkan dari Snapdragon 820 menjadi Snadragon 652. Didukung prosesor octa core berclockspeed 1.8GHz dengan kombinasi RAM 3GB . Aksinya sih tetap ngebut dan kencang, tapi tentu saja tak sehebat seperti pada LG G5. Grafisnya pun jempolan berkat GPU Adreno 510.

LG G5 SE punya memori internal 32GB dan didukung slot microSD yang bisa diekspan sampai 2TB. Baterainya tak terlalu besar dengan kapasitas hanya 2800mAh. Tapi staminanya cukup kuat kok bisa bertahan seharian. Untuk pengecasan henpon ini didukung teknologi Quick Charge 3.0 dimana dalam setengah jam, henpon bisa terisi sampai 80%.

Sebagai pendukung keamanan LG G5 SE punya sensor sidik jari serta dilengkapi infra merah yang punya fungsi remote control. Buat koneksi internet, LG G5 SE sudah punya dukungan jaringan 4G LTE Cat. 6 di kedua slot nano SIM-nya. Untuk ketersambungan banyak pilihan yang tersedia seperti Wi-Fi(802.11 a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.2 BLE, NFC, USB 2.0 (3.0 Compatible) Type C, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot dan infrared. Sementara untuk port USB, LG G5 SE sudah menggunakan USB Type-C 1.0 reversible connector, yang mendukung fungsi USB On-The-Go.

Spesifikasi LG G5 SE

Dimensi: 149.4 x 73.9 x 7.3 mm
Berat: 156 gram
Layar: IPS Quantum 5,3 inci QHD, 554 ppi
Kamera: sensor ganda 13 MPdan 8 MP; kamera depan 8 MP
OS: Android 6.0.1 Marshmallow
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 652, octa core 1,8 GHz, GPU Adreno 510, RAM 3GB
Fitur : Dual SIM, GSM/HSPDA/LTE; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n; Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0; USB,  GPS, GLONASS, sensor sidik jari, infra merah, NFC
Memori: 32 GB, slot microSD
Baterai: 2800mAh

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.