Majalah Digital JanganTulalit

Vivo V5 Plus dengan Kamera depan 20 MP bikin Selfie jadi Istimewa

362 0

VIVO V5 Plus 1Trend mengabadikan momen pribadi atau biasa disebut swafoto atau berfoto selfie kini sedang diminati oleh masyarakat urban. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa vendor untuk merilis henpon terbarunya dengan spesifikasi fitur kamera selfie dengan kualitas yang sangat baik.

Salah satunya adalah Vivo yang memperkenalkan Vivo V5 Plus yang sesuai namanya, merupakan versi yang “lebih ditingkatkan” dari versi aslinya yakni Vivo V5. Tak hanya peningkatan spesifikasi hardware-nya saja, namun juga peningkatan di fitur kamera selfie yang telah mendukung settingan dual kamera depan.

DESAIN DAN LAYAR

Vivo V5 Plus memiliki konsep desain henpon premium, dengan pemilihan bahan full logam. Berdimensi 152.6 x74 x7.3 mm dan berat 158,6 gram, henpon ini sebenarnya memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dari versi aslinya yakni Vivo V5 yang berdimensi 153.8 x 75.5 x 7.6 mm dan berat 154 gram.

Dari bodipun tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, dengan bagian depan, Anda akan melihat dua buah lubang kamera depan yang bersisian dengan LED Flash kamera depan dan lubang speaker.

Vivo V5 Plus masih mempertahankan tombol fisik home berbentuk kurva dengan frame logam yang terintegrasi pada Fingerprint Sensor. Dan sensor sidik jari ini sangat cerdas, karena dapat memindai dan mengotentifikasi sidik jari penggunanya dalam waktu 0.2 detik.

ViVo V5 Plus tampak depan belakang okPada bagian sisi bodinya, Vivo V5 Plus menempatkan beberapa tombol fisik lainnya yakni tombol volume yang sejajar dengan tombol power. Vivo menempatkan speaker pada bagian bawah yang letaknya sejajar dengan lubang jack audio 3.5mm dan port MicroUSB 2.0. Sedangkan slot tray untuk memori ekternal dan slot SIM card ditempatkan pada bagian samping. Dan untuk memasang kartu SIM dan MicroSD, Anda harus dibantu dengan semacam pin untuk membuka tray.

Jangan kaget jika di slot troy, Vivo V5 Plus Anda hanya akan menemukan slot untuk SIM 1 dan SIM 2 (Nano-SIM, dual standby). Tidak ada slot untuk slot MicroSD. Ya, karena henpon ini memang tidak support penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD.

Pada bagian belakang henpon, Anda akan menemukan lubang kamera utama yang ditempatkan di sudut kiri atas, yang bersisian dengan LED flash dan line antenna. Sementara itu logo Vivo ditempatkan pada bagian tengah casing belakang.

Secara garis besar, Vivo V5 Plus memang tebilang henpon yang cukup besar, namun kokoh dan tetap nyaman di genggaman. Dengan desain casing belakang yang sedikit membulat, dan keempat sudut yang membulat, henpon ini terasa tetap nyaman dalam genggaman Anda.

Berpindah ke bagian layar, Vivo V5 Plus dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 5.5 inci beresolusi HD (1080×1920 piksel) dengan kerapatan layar ~401 ppi pixel density dan kemampuan untuk memancarkan 16M warna.

Vivo V5 Pus didesain dengan layar lengkung 2.5D Curved Glass Screen dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, sehingga meminimalisir resiko luka gores dan kerusakan pada layar. Tampilan antarmuka dari Vivo V5 Plus tampil dengan agak beda berkat penggunaan Funtouch OS 3.0 yang menampilkan kualitas antarmuka yang lebih segar dibandingkan di Vivo V5 Plus.

Untuk menambah kenyamanan pengguna, Vivo V5 Plus dilengkapi dengan berbagai settingan pada layar seperti misalnya Smart Multi Screen, Super Screenshot, Smart Click, Smart Motion, dan yang paling menarik adalah One Handed. Dengan fitur One Handed, Anda bisa mengatur keyboard sedemikian rupa sehingga Anda bisa sangat nyaman mengetik saat menggenggam henpon ini dengan satu tangan.

FITUR

ViVo V5 Plus Fitur kameraVivo V5 Plus dibekali dengan fitur yang kaya. Dimulai dari fitur kamera, Vivo V5 Plus dibekali dengan dual kamera depan beresolusi 20MP dan 8MP. Hal ini pula yang membedakannya dengan Vivo V5 yang hanya dibekali dengan kamera depan tunggal dengan resolusi 20MP.

Perlu Anda ketahui, Vivo V5 Plus merupakan salah satu henpon revolusioner pertama di dunia yang mengadopsi dual kamera selfie dengan resolusi sebesar itu. Bisa Anda bayangkan, kualitas foto selfie yang dihasilkan tentu sangat memuaskan dan detail.

Tak hanya itu, kamera tersebut mengadopsi sensor Sony IMX376 dengan lebar aperture f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p sehingga kamera depannya tetap mumpuni ketika dipakai selfie di lokasi bercahaya rendah. Kamera depan Vivo V5 Plus juga dilengkapi fitur LED Flash, Beauty Face Mode, HDR, Bokeh, Beautification, Panorama, dan beberapa settingan kamera selfie lainnya seperti Sound, Voice Shutter, Touch Capture, Palm, Photo Size, Mirrored Selfie, Video Size.

VIVO V5 PLUS DesainAda fitur unik di kamera depan yakni Photo Watermark dan Gender Detection. Jika Anda mengaktifkan modus Gender Detection, kamera akan secara cerdas menebak jenis kelamin Anda, dan nantinya akan muncul logo pria atau wanita di bidang bidikan kamera. Sementara itu, untuk Photo Watermark, Anda bisa menambahkan caption atau watermark di sekeliling foto.

Sementara itu, Vivo V5 Plus dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang dilengkapi dengan sensor CMOS yang didukung teknologi Phase Detection Autofocus. Kamera tersebut mampu membidik objek dengan sangat cepat dan menghasilkan foto berkualitas tinggi. Untuk membantu pengambilan gambar malam hari, henpon ini dilengkapi fitur LED Flash. Dan untuk aktivitas merekam video , henpon ini medukung kualitas perekaman video beresolusi 2160p@30fps, 1080p@30fps.

Adapun hasil foto yang dihasilkan oleh kamera di Vivo V5 Plus sangat tajam, detail, dan gradasi warna yang tertangkap di foto dapat termuat dengan sempurna. Efek Bokeh pun dapat berfungsi dengan sangat bagus, sehingga mampu menghasilkan foto yang berkualitas tinggi layaknya foto jepretan fotografer professional.

Selain itu, ada fitur menarik di Vivo V5 Plus yakni Screen Recording. Anda bisa membuat video tutorial dengan memperlihatkan layar di henpon ini sembari VIVO V5 Plus 2disisipi oleh suara Anda.

Mula-mula swipe bagian bawah layar untuk memunculkan tray, lalu pilih S-Capture > Screen Recording> Mulailah perekaman > tekan bagian tombol merah selama Anda merekam. Anda bisa membuka berbagai laman dan homescreen layar henpon Anda. Pastikan volume henpon di posisi maksimal. Hasil perekaman Screen Recording akan tersimpan di Galery dalam format file MP4.

Perihal konektivitas, Vivo V5 Plus dibekali dengan koneksi yang lumayan lengkap, untuk membantu kebutuhan pengguna untuk men- transfer data/ file. Mulai dari koneksi Bluetooth, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, DLNA, hotspot dan port USB yang mendukung fungsi On The Go (OTG).

Perihal koneksi selular, Vivo V5 Plus mendukung akses data yang mendukung semua jaringan selular di tanah air, mulai dari 2G,3G, dan 4G/LTE yang mendukung frekuensi 1 LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 40(2300).

Untuk fitur multimedia, Vivo V5 Plus dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan seperti FM Radio, fitur musik,dan video player secara default, selain music player bawaan Google yakni Google Play. Vivo V5 Plus juga dilengkapi dengan teknologi audio chip AK4376 untuk menghadirkan kualitas audio Hi-Fi dengan kekuatan suara hingga 115dB.

Adapun interface (UI) besutan Vivo yakni FunTouch, menjadikan Vivo V5 Plus menampilkan antarmuka Funtouch OS 3.0, yang berbasis OS Android Marshmallow. Antarmuka yang ditampilkan Vivo V5 Plus dapat menampilkan menu secara multitasking.

Selain itu, Vivo V5 Plus dilengkapi dengan beberapa fitur untuk memaksimalkan tampilan antarmuka yakni Smart Split 2.0 yang berguna untuk mempermudah multitasking dengan membagi layar menjadi dua bagian, sehingga Anda bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

KINERJA

Berbeda dengan Vivo V5 yang mengandalkan processor Mediatek MT6750, Vivo V5 Plus mengandalkan processor octa core Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953, dengan clock speed 2.0 GHz. Sementara itu, untuk kelola grafisnya henpon ini mengandalkan GPU Adreno 506 dan RAM 4GB, memori internal 64 GB. Dan sayangnya Vivo V5 Plus tidak didukung oleh penyimpanan memori eksternal.

Dengan spesifikasi yang cukup memadai tersebut, maka wajar jika aktivitas multitasking, browsing, dan aktivitas membuka berbagai aplikasi di henpon ini berjalan mulus.

Nena merk okAntutu okJangan Tulalit melakukan pengujian kinerja untuk mengukur kinerja dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmarking untuk mengukur performa CPU dan GPU di henpon ini, yakni menggunakan Antutu Benchmark untuk mengukur CPU dan untuk mengukur kualitas grafis kami menggunakan aplikasi NenaMark 2.

Untuk pengujian grafis menggunakan NenaMark 2, menunjukkan bahwa Vivo V5 Plus berhasil meraih skor 57,1 fps (frame per second). Angka ini tergolong rata-rata, untuk setingkat peringkat skor GPU di henpon kelas menengah. Dan performa grafis yang ditampilkan oleh Vivo V5 Plus cukup tajam dan dapat dengan mulus menampilkan berbagai konten game dan video dengan smooth tanpa lag.

Sementara saat kami mengukur performa CPU dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark v6.2.7, Vivo V5 Plus meraup skor 62342. Dengan besaran skor ini, performa yang disajikan oleh Vivo V5 Plus cukup stabil, mumpuni dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan produktivitas Anda.

KESIMPULAN

Vivo V5 Plus telah dapat dibeli di retail resmi di tanah air, salah satunya adalah melalui Erafone, yang dibanderol Rp. 5.499.000; dan menimbang berbagai fitur yang dimiliki oleh Vivo V5 Plus, termasuk dengan berbagai fitur, performa dan spesifikasi teknis yang diemban oleh henpon ini, Jangan Tulalit merekomendasikan henpon ini bagi Anda yang membutuhkan henpon dengan fitur kamera istimewa untuk kebutuhan swa-foto dan aktivitas multimedia lainnya.

SPESIFIKASI

Jaringan : GSM/HSPA/ LTE (Dual Nano-SIM/, dual stand-by)
Dimensi : 152,6 x 74 x 7,3 mm
Berat : 158,6 gram
Layar : 5,5 inci, IPS LCD (1080×1920 piksel) , 401ppi, 16M colors, Corning Gorilla Glass 5
Memori : RAM 4GB, memori internal 64GB
Processor : Processor Octa-Core Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
GPU : Adreno 506
OS : OS Android v6.0 Marshmallow
Kamera : Kamera depan Dual 20 MP + 8 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 2160p@30fps, 1080p@30fps; Kamera belakang 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash, Laser Autofocus, 1/3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR.
Baterai : Lithium Ion ( non-removable battery) 3.160 mAh
Fitur : Smart Split 2.0, Alert types Vibration, MP3, WAV eAAC+Player, FLAC Player, MP4/WMV/H.264 player
Koneksi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, DLNA, hotspot , Bluetooth v4.0, GPS with A-GPS, FM Radio, USB v2.0, USB Host,USB On-The-Go (OTG) Fingerprint Sensor, Sensors Accelerometer, Proximity, Compass, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM,Browser , HTML 5,Photo/video Editor, document viewers
Varian Warna : Gold , Grey
Harga : Rp. 5.499.000;
Website resmi : http://www.vivo.co.in/V5Plus

Leave A Reply

Your email address will not be published.