Majalah Digital JanganTulalit

Kopdar Nasional Kofipon di Solo ajang keakraban dan Berbagi Ilmu untuk seluruh Anggotanya

913 0

kofipon okeKofipon tahun ini tepatnya pada tanggal 22 dan 23 April 2017 lalu mengadakan Kopdar Nasional ke 5 dan merayakan ulang tahunnya yang ke 8 di Solo. Banyak aktifitas yang dilakukan selama 2 hari tersebut. Saling silahturahim, berbagi ilmu, berbagi keceriaan dan tentunya juga menggelar Pameran dan workshop untuk mengupdate pengetahuan yang kali ini di isi oleh Motorola yang mengeluarkan produk terbarunya kamera henpon yang cukup canggih yakni Moto Z dan Mods Hasselblad True Zoom.

Seperti diketahui Kofipon yang merupakan singkatan dari Komunitas Fotografi Ponsel merupakan suatu wadah untuk berkumpulnya para penggemar fotografi  dengan menggunakan kamera henpon atau ponsel. Komunitas ini terbentuk 8 tahun yang lalu di Jogjakarta atas prakarsa  oleh Beny Syamsudin Toni, seorang  pecinta fotografi  yang kala itu tidak punya kamera fotografi karena mahal, lalu dia mencoba memakai handphone dan hasilnya lumayan, dan mulai saat itulah Beny menyukai fotografi dengan menggunakan henpon. Akhirnya terbentuklah  Kofipon pada  17 Maret 2009.

Okey kembali ke aktifitas Kopdar Nasional Kofipon. Pada hari pertama kita melakukan kegiatan workshop di wisma tempat kita menginap, kali ini kita banyak membahas produk henpon dari motorola yang lagi fenomenal yakni Moto Z dengan Modular Hasselblad True Zoom. Pemilihan topik ini sengaja dipilih karena pas banget buat komunitas Kofipon.

Effendi MotoPenjelasan Panjang lebar tentang produk ini disampaikan oleh Mas Effendy Susanto, yang merupakan Lead Trainer dari Lenovo dan Motorola. Rupanya penjelasan yang disampaikan mendapat sambuatan dari para peserta Kopdar Nasional dengan banyaknya pertanyaan seputar produk Moto Z dan Mods Hasselblad True Zoom ini, dari masalah teknis, pemotretan, kinerja produknya, sampai ke soal harga. Tentunya produk ini pas banget bagi para penggemar fotografi yang menggunakan kamera henpon.

hunting motoSelesai kegiatan workshop, tidak berarti pembahasan tentang Moto Z dan Mods Hasselblad True Zoom berakhir, atas kebaikan dari pihak motorola, para peserta Kopdar Nasional Kofipon diberikan kesempatan untuk mencoba kamera dari  Mods  Hasselblad True Zoom ini berikut  smartphone Moto Z nya. Para peserta diajak ke lokasi hunting di seputar Masjid Agung Solo, Keraton Solo dan Pasar Gede. Sekaligus juga diberikan tantangan untuk memotret Candid, karena Hasselblad True Zoom ini memiliki lensa zoom optical 10 X hingga bisa memotret subjek dari jauh. Nah Motret Candid rasanya cocok untuk menjadi subjek foto.

Bukan hanya itu, hasil foto hanting ini pun di lombakan secara khusus, dan para pemenangnya kan diberikan hadiah yang cukup menarik yang diumumkan pada hari terakhir Kopdar Nasional Kofipon. Diluar dugaan foto yang masuk ke panitia tercata sekitar 550 foto dari peserta kofipon yang berjumlah sekitar 70 peserta. Pastinya bikin bingung para juri yang menilainya.

Tak kalah seru lagi selain lomba khusus menggunakan kamera dari Moto Z dan Mods Hasselblad True Zoom, panitia juga mengadakan lomba foto umum dengan menggunakan henpon yang dimiliki oleh peserta. Hadiahnya cukup lumayan keren antara lain sebuah henpon Motorola Moto E3 Power, dan juga berbagai produk dari seponsor pendukung seperti Smartfren, Logitect dan Powerbank DelCell.

Pameran KofiponPada hari kedua Kopdar Nasional Kofipon bergeser Lokasi ke Taman Wisata Balekambang lokasi wisata di Solo yang merupakan hutan kota bagi para warga Surakarta. Tempatnya cukup nyaman, apa lagi ada berbagai binatang liar seperti Kijang, Monyet, angsa yang bebas lepas dan berbaur dengan para pengunjung. Di lokasi ini digelar Pameran foto Kofipon selain ditujukan bagi para peserta Kopdar Nasional Kofipon juga bagi para pengunjung Taman wisata Balekambang. Disini lah terjadi komunikasi 2 arah antara anggota Kofipon dengan masyarakat, sekaligus juga memberikan informasi dan edukasi seputar kamera henpon.

Kami pun untuk lebih mendekatkan ke masyarakat juga mengadakan kuis kuis interaktif tak hanya melulu untuk peserta Kopdar Nasional Kofipon tapi juga bagi para pengunjung yang datang ke Taman Wisata Balekambang. Hingga keakraban terjalin sangat asik.

Selama aktifitas berlangsung di Taman Wisata Balekambang, aktifitas yang paling asik bagi para peserta tentunya ya hunting foto dengan menggunakan kamera henpon, tak hanya hunting foto berbagai subjek mearik sekitar Taman Wisata Balekambang, yang tak kalah seru adalah foto Selfie dan Wefie dilakukan oleh hampir seluruh peserta Kopdar Nasional Kofipon.

wefie kofiponAkibatnya aktifitas sosmed Kofipon seperti Instagram dan Facebook menjadi meriah. Lihat lah banyak foto foto bagus dan lucu serta heboh yang di upload para peserta Kopda Nasional Kofipon di sosmed tersebut. Sekedar diketahui follower dari Facebook Kofipon pusat sudah mencapai 28.611 follower, sebuah jumlah yang sangat luar biasa.

Untuk diketahui juga selain ada Kofipon pusat, saat ini Kofipon juga tersebar di beberapa wilayah dengan sebutan Chapter. Seperti Chapter Medan (Sumatra Utara), Chapter Pekanbaru, Chapter Palembang, Chapter Jabotabek, Chapter Bandung, Chapter Jawa tengah, Chapter Jogya, Chapter Jawa Timur, Chapter Bali, Chapter Makasar, Namun sayangnya untuk Kopdar Nasional kali ini banyak Chapter yang absen karena kesibukan mereka.

Tepat Jam 16.00 di hari kedua kami berkumpul di sudut lokasi Taman Wisata Balekambang untuk melakukan syukuran Potong tumpeng dalam rangka Ulang tahun Kofipon ke 8 dan pengumuman pemenang lomba serta saling bertukar informasi seputar keanggotaan Kofipon setiap chapter.

kofipon rameSetelah Potong Tumpeng, diumumkanlah para pemenang lomba foto yang dibagi dalam 2 karegori yakni Kategori Umum dan kategori khusus. Kategori umum adalah lomba foto yang menggunakan kamera henpon masing masing peserta Kopdar Nasional Kofipon, sedangkan kategori khusus dengan menggunakan henpon dan kamera mods Hasselblad True Zoom. Para pemenang medapatkan hadiah berupa henpon dari Motorola yakni Moto E3 Power dan juga henpon Andromax, Mifi Andromax, Keyboard Bluetooth dan mose wereless dari Logitect, dan Powerbank dari DelCell, serta hadiah hadiah lainnya yang tak kalah menarik.

Akhirnya Kopdar Nasional Kofipon ditutup mejelang Magrib, dengan diiringi hujan deras hingga kami terpaksa ngumpul bersama dibawah atap joglo di sudut Taman Wisata Balekambang, sambil bercengkrama dan bersedagurau. Dan akhirnya waktunya kita semua kembali ke rumah masing masing, ada yang ke jakarta, Solo, Jogya, Surabaya, Semarang. Tentunya kenangan berkumpul bersama menjadi memori Indah bagi para peserta Kopdar Nasional Kofipon yang diselenggarakan di Solo. Sampai ketemu di Kopdar Nasional Tahun Depan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.