Majalah Digital JanganTulalit

Tips Brilian Memanfaatkan Teknik Fotografi di Henpon

442 0

foto-10Smartphone photography, iPhoneography, mobile photography atau apapun sebutannya, yang  jelas menghasilkan foto yang baik menggunakan henpon sekarang tengah naik daun. Mulai banyak kalangan yang menjadikan hasil foto dalam henpon sebagai portofolio atau seni tersendiri lantas mencetaknya. Salah satunya adalah kalangan yang gemar memposting fotonya di Instagram.

Jika kamu memiliki henpon tentu sebagian kameranya sudah memiliki fitur yang mumpuni. Kamu juga tentu banyak yang penasaran bagaimana caranya menghasilkan foto bagus hanya dengan kamera henpon. Nah, sebelum kamu menyelami lebih jauh, kamu harus tahun terlebih dulu jika mempelajari dan mengetahui bagaimana cara menghasilkan foto bagus itu sebenarnya gampang. Yang susah itu adalah menghasilkan foto yang bagus dengan ilmu yang kamu punyai itu.

Ada juga yang mungkin berpikir bahwa foto bisa diperbagus dengan aplikasi yang tersedia. Memang benar, tapi tetap saja kamu harus mengatur sendiri bagaimana foto itu bagus hasilnya, baru kemudian diperindah dengan aplikasi yang ada.

Sebenarnya banyak aplikasi di luar sana yang bisa dimanfaatkan seperti Open Camera atau HD Camera Ultra for Android. Selanjutnya, tentu kamu ingin mengatur sendiri berbagai aspek seperti kontras, white balance dan saturasi warna. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai. Tapi supaya hasil foto lebih oke, kamu harus mencoba beberapa tips berikut ini.

  1. Pelajari cara menggunakan software kamera.

Memang kelihatannya seperti pekerjaaan yang tak memerlukan otak, tapi kamu akan terkejut dengan apa yang bisa dilakukan kamera henpon kamu. Mungkin kamu sudah akrab dengan beberapa tirik seperti mengganti dari kamera ke video, menghidupkan dan mematikan lampu flash atau menghidupkan fitur auto Tapi tahukah kamu bahwa kamera kamu memiliki mode scene juga? Atau panorama, HDR atau fitur bokeh?

Jangan takut mencoba-coba fitur tersebut. Apalagi  smartphone saat ini punya memori besar untuk menampug foto. Jadi kamu bisa mencoba-coba fitur yang berbeda, efek dan setting, lalu mencoba foto. Lama-lama kamu akan mengetahui bahwa berbagai fitur tersebut memiliki kegunaan khusus. Kamu jadi bisa memanfaatkannya untuk menggunakan sesuai kebutuhan.

  1. Pelajari komposisi basic (standar).

Mungkin hal ini terdengar membosankan. Tapi kamu harus mempelajari hal basic atau standar terlebih dahulu, coba dan rasakan hasilnya. Ada beberapa hal yang harus kamu ingat-ingat. Pertama adalah bayangkan ada garis grid pada display smartphone kamu, bagi ke dalam tiga bagian horizontal dan vertical.  Bahkan, ada beberapa henpon yang menyediakan fitur untuk menampilkan grid seperti yang kamu bayangkan ini. Dengan grid ini, coba tempatkan subyek di bagian pertengahan garis. Hasil fotonya akan lebih menarik daripada hanya di tengah-tengah frame saja. Banyak subyek yang bisa dicoba mulai dari bunga, orang dan lain-lain. Saat kamu sudah mulai mendapat ‘feel’nya,kamu akan lebih jago dalam membidik keseimbangan dalam memotret.

  1. Pelajari cara melihat cahaya.

Jika kamu ingin keluar dan membuat foto yang bisa membuat teman kamu kagum tentu kamu butuh cahaya bagus kan? Tapi sebenarnya apakah cahaya yang bagus itu. Cahaya yang bagus adalah cahaya yang bisa membuat scene shape, kedalaman dan membuat banyak hal jadi terlihat lebih menarik. Memotret dalam indoor dengan cahaya buatan atau di outdoor saat cahaya flat dan standar tidak akan menghasilkan foto bagus.

Cari cahaya dari arah tertentu dan warna tertentu. Nantinya aka nada warna nautral yang keluar sebelum matahari terbit ata terbenam. Sebagai alternative, cahaya jendela bisa bagus karena memiliki arah, kadang soft dan menyebar.

Cahaya yang bagus sangat penting dalam mobile photography karena bisa menghasilkan banyak hal menarik dengan variasi kedalaman dan focal length berbeda. Sangat baik untuk mencari cahaya yang baik dan menemukan komposisi yang bagus.

  1. Cari momen menarik.

Saat kamu berada di lokasi yang indah misalnya, cahaya bagus dan semuanya cocok untuk menghasilkan foto yang bagus, tapi tak ada yang terjadi. Ada ratusan foto sunset tapi tidak ada yang lain kecuali sunset itu sendiri. Oleh karena itu, cari sesuatu untuk melengkapi scene yang ada. Mungkin ada seseorang yang tengah berjalan. Tunggu sampai bentuk orang berjalan sesuai dengan keseimbangan foto lalu jepret.

Cari momen yang bagus. Mungkin seseorang yang sedang beristirahat dengan santai di taman, tidur, makan, membaca. Atau mungkin kawanan burung yang terganggu oleh orang yang lewt, atau tupai di tengah jalan raya.

  1. Perhatikan scene.

Artinya, jangan hanya berdiri saja, buat komposisi dan jepret satu foto kemudian berjalan lagi. Mungkin foto terbaik akan datang dalam semenit, atau lima menit lagi. Atau ternyata foto yang bagus saat kamu ada di dekat subyek atau jauh darinya. Atau foto yang baik didapat dari angle rendah atau lebih tinggi.

  1. Jangan berhenti memotret.

Jika kamu hanya memotret sebulan sekali mungkin hasil foto yang baik tidak akan kamu peroleh dalam waktu cepat. Cobalah untuk memotret setiap hari, cari inspirasi baru dan jepret apa saja sebisa mungkin. Nah, silahkan mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.