Majalah Digital JanganTulalit

Tips Mengoptimalkan Security atau Keamanan Pada Henpon

331 0

meneliti Henpon PalsuSmartphone saat ini mempunyai kemampuan melakukan  berbagai hal yang tidak bisa dilakukan perangkat mobile pada jaman dulu. Bahkan kemampuannya sudah mulai mendekati kemampuan komputer. Tapi seiring dengan peningkatan kemampuan yang luar biasa ini, resiko keamanan atau security-nya pun menjadi semakin tinggi .

Apalagi kita saat ini menggunakan henpon kita untuk berbagai aktitivtas yang sangat banyak. Mulai dari jejaring sosial, online shopping, banking dan berselancar di internet. Kita harus memiliki perlindungan keamanan yang kuat untuk meyakinkan bahwa henpon dan informasi di dalamnya terlindung dari serangan malware dan criminal dunia cyber.

Nah berikut ada beberapa tips keamanan supaya henpon kita bisa terlindungi dengan baik.

  • Jaga henpon supaya tetap dalam posisi locked atau terkunci.

Anda harus yakin bahwa henpon selalu terkunci layarnya setiap saat. Sehingga resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada henpon bisa diminimalisir.

  • Enkripsi informasi yang bersifat sensitif.

Jika henpon menyediakan fitur data enkripsi, maka gunakanlah dengan baik. Jadi, pada saat terjadi kondisi dimana henpon kamu dicuri atau ada pelaku kriminal yang berhasil mengakses informasi personal yang tersimpan dalam henpon akan terlindungi dan aman.

  • Cek bagaimana sebuah aplikasi bekerja dalam henpon kamu.

Kamu harus memperhatikan dan mencermati setiap request atau permission acess dari sebuah aplikasi yang berjalan di henpon. Khususnya pada smartphone Android. Karena jika aplikasi itu ternyata dimuati virus jahat dan diperbolehkan mengakses data pribadi, maka sngat beresiko buat kamu.

  • LIndungi henpon dan data di dalamnya.

Banyak pengguna yang lebih melupakan jika smartphone saat ini memiliki kemampuan yang hebat layaknya komputer. Tapi mereka tidak mengetahui bahwa smartphone sangat rentan terhadap resiko yang juga biasa mengancam komputer. Maka sebisa mungkin pasang  program anti malware pada smartphone kamu. Dan yakinkan jika database antivirusnya diupdata secara regular.

  • Hati-hati terhadap rooting atau jaibreaking.

Meskipun sangat menarik untuk men-jailbreaking atau melakukan rooting pada hepon kamu, tapi resiko keamanannya jadi sangat tinggi. Nah, untuk tetap membuat henpon dan data di dalamnya aman kalau bisa hindari jaibreaking dan rooting.

  • Matikan Bluetooth saat tidak dipakai.

Jika kamu tidak sedang menggunakan koneksi Bluetooth, maka matikanlah fitur ini. Sehingga henpon lebih aman terhindar dari cyber attack. Sekaligus menghindari baterai yang terkuras sia-sia gara-gara Bluetooth terus aktif.

  • Pakai solusi kemanan smartphone dengan dukungan fitur anti theft.

Beberapa produk smartphone menawarkan fitur anti theft yang memungkinan akses jarak jauh saat henpon hilang atau dicuri. Aktifkan, sehingga kita bisa menghapus data di dalamnya dari jarak jauh sekaligus menemukan lokasinya via GPS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.