Majalah Digital JanganTulalit

Tips Memilih Smartphone: Memori 4GB Tak Lagi Ideal

499 0

ZTE

Di pasaran banyak sekali handset berharga terjangkau dengan kapasitas memori penyimpan internal hanya 4GB. Tapi, tahukah Anda kalau kapasitas 4GB saat ini tidak lagi ideal untuk kondisi saat ini? Mengapa demikian?

Sebagai gambaran, coba saja simak aplikasi yang beredar di toko aplikasi Android sekarang ini. Mulai dari aplikasi game, multimedia, photo editor, sosial media dan lainnya,rata-rata yang memiliki konten dan tampilan yang baik lazimnya memiliki ukuran file yang besar.

Kita ambil contoh, misalnya game seperti Clash of Clans.Ia punya ukuran download 53MB. Aplikasi aplikasi editing foto VSCO ukurannya 22MB. Subway Surfer, ukurannya 95.89MB. Path sekitar 83MB, WhatsApp 55MB, sementara Facebook, punya ukuran 234MB.

Belum lagi aplikasi produktivitas seperti Google Translate 269MB, Google Browser, Sticky Note atau game 3D lainnya yang hampir bisa memiliki kapasitas hingga 500 MB. Jika semua itu ditambahkan, pastinya akan cukup menguras daya tampung penyimpanan internal hingga lebih dari 1GB.

Itu baru aplikasi. Belum lagi ditambah file cache dan update dari aplikasi tersebut yang terus menerus disuguhkan oleh developer. Tentunya ini semakin mencekik ketersediaan memori penyimpanan smartphone. Penting juga diketahui, sistem Android dan aplikasi bawaan yang terkandung di dalamnya juga butuh ruang simpan antara 2GB sampai 3GB.

Jika dikalkulasi, semua itu telah sanggup menguras ruang penyimpanan memori Anda hingga 4GB. Artinya, tak ada lagi tempat untuk menyimpan foto, video atau musik kesayangan.Jika ruang memori telah habis maka biasanya tidak hanya Anda akan akan gagal untuk menginstal aplikasi baru, aplikasi lama pun akan sulit untuk di-update, sehingga smartphone Anda akan berjalan tidak semestinya.

Menambah memori eksternal (MicroSD) pun tidak berarti pasti menyelesaikan masalah, karena banyak aplikasi yang tidak bisa dipasang di memori eksternal. Kecuali Anda mau repot melakukan modifikasi terhadap sistem Android yang terinstalasi di smartphone.

Disinilah pentingnya ruang simpan minimal 8GB. Kapasitas ini memungkinkan pengguna menyimpan data, aplikasi, game, dan lainnya dengan lebih leluasa. Selain itu, proses update aplikasi akan lebih mudah dilakukan karena update aplikasi umumnya berukuran lebih besar dibanding versi sebelumnya.

Keleluasaan dalam menyimpan itulah yang membuat pengguna sangat disarankan untuk memilih handset dengan kapasitas ruang simpan internal minimal 8GB. Semakin besar tentunya semakin bagus. Namun bila Anda pengguna yang memiliki dana terbatas, maka pilihan dengan ruang simpan 8GB sudah cukup ideal. Berikut ini contoh penggunaan umum aplikasi-aplikasi pada smartphone masa kini:

Dengan kapasitas internal storage 8GB, pengguna bisa menginstalasikan seluruh aplikasi umum di atas dan punya ruang sebesar 2GB tersedia untuk menyimpan foto-foto atau data lainnya. Coba bandingkan jika smartphone Anda hanya memiliki kapasitas simpan internal di bawah 8GB. Selain tidak banyak data yang bisa disimpan, aplikasi pun harus dihapus sebelum menginstalasikan aplikasi lainnya.

Nah, sejatinya, memiliki kapasitas penyimpanan internal dengan ukuran yang lebih besar pastinya menjanjikan performa yang lebih baik untuk perangkat Anda. Selain dapat menyimpan file lebih banyak, tentunya aplikasi yang tersimpan dan berjalan pada memori internal, akan lebih responsif ketimbang Anda memindahkan aplikasi tersebut di pada kartu microSD.

Leave A Reply

Your email address will not be published.