Majalah Digital JanganTulalit

REYOG JAZZ PONOROGO 2017 hadirkan Tompi, Bintang Indrianto & Nita Aartsen

5.34K 0

igMenikmati Jazz dari Telaga di atas Bukit

Sebuah festival jazz anyar kali ini hadir dari sebuah kota yang terkenal dengan tradisi Reyog-nya, yaitu Ponorogo Jawa Timur.

Adalah Pemerintah Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan WartaJazz menyelenggarakan hajatan Reyog Jazz Ponorogo (RYP) yang rangkaian acaranya dijadwalkan mulai dari Jumat 20 Oktober hingga 22 Oktober 2017 dan terbuka untuk masyarakat luas serta tidak dipungut biaya alias gratis.

Ponorogo hanya berjarak 30 menit perjalanan darat dari Madiun yang dilintasi Kereta Api atau 3jam waktu tempuh melalui Airport Adi Soemarmo Solo dengan kendaraan bermotor.

“Reyog Jazz Ponorogo merupakan sebuah ikhtiar memperkenalkan Ponorogo lewat keelokan jazz berpadu keindahan telaga diatas bukit. Meletakkan posisi kota Reyog ini dalam agenda para pelancong karena dijadwalkan secara tahunan”, ujar Bupati Ponorogo Drs. H Ipong Muchlissoni.

Sementara itu Founder sekaligus Festival Director, Agus Setiawan Basuni yang juga Managing Director WartaJazz mengungkapkan “Ini adalah kali pertama di nusantara, Jazz di Telaga dipresentasikan bersama dengan keunikan Reyog dan musisi pendukungnya.

***

Reyog Jazz Ponorogo 2017 akan menghadirkan TOMPI yang akan tampil bersama Nita Aartsen Quintet yang terdiri dari Gustu Brahmanta (drums), Doddy Sambodo (bass), Afan Latanette (Perkusi) dan seorang trumpeter asal Perancis, Jean-Sebastien.

Sebagai bintang utama dari Festival ini adalah BINTANG INDRIANTO – FESTIVAL yang merupakan kelompok dibawah pimpinan Bintang Indrianto (bassis) yang beranggotakan Denny Chasmala (gitar), M. Iqbal (drums), Ronald Lisan (gendang), Sofie (flute), Madun (kendang) dan Eugen Bounty (clarinet/saxophonist). Mereka dijadwalkan akan berkolaborasi dengan penari dan pemusik Reyog Ponorogo.

Festival perdana ini juga menghadirkan musisi Ravish Monin (percussionist /electronic) dan Richard Keyser (Trombone/Synth) yang tergabung dalam Electronic Duo: Tarana yang berasal dari New York Amerika Serikat.

Sebuah proyek kolaborasi antara Ponorogo-KualaLumpur-Jakarta dan Samarinda akan terjadi dikelompok yang menampilkan penyanyi Diana Liu (Malaysia) yang akan tampil bersama Udin Jazz Peacocks feat Adi Darmawan (bass) dan Tiwi Shakuhachi (keyboard/akordeon) yang dipimpin Syaefuddin Dimyati (drums).

Tampil pula aransemen music Reyog yang akan dikombinasikan oleh gitaris pentolan YK Band, yaitu Yusuf Koen dalam proyek bertajuk “Reyog Jazz”. Rencananya Jazz dan Slompret akan ‘beradu’.

Tampil pula komunitas Jazz tuan rumah dari Ponorogo yaitu dua grup Mrs. Holdingsky & The Apprentice – Jazzthilan Community (Ponorogo) yang didampingi komunitas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terdiri dari Ngalam Jazz Community (Malang), Sojazz Society (Solo), Jazz Mben Senen (Yogyakarta), Fusion Jazz Community (Surabaya)

***

Acara ini digagas oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan WartaJazz dan diorganisir oleh Jalamaya Productions.

Reyog Jazz Ponorogo juga didukung oleh Pesona Indonesia, Bank JATIM, MLD Spot, Pos Mode, Maesa Hotel, dengan community Partner Jazzthilan Ponorogo, IGersPonorogo, Komunitas penyeduh kopi dan turut didukung oleh JanganTulalit.com, Bisnis.com, Good News from Indonesia, Media Indonesia, Kotak Musik, MacroAd Linikini, Romansa 98.8FM, RRI Pro2 Madiun, DCS FM Madiun, Grindulu FM Pacitan.

Informasi lebih lanjut tentang acara ini dapat dilihat di www. reyogjazz.com atau follow akun social fb/twitter/ig reyogjazz

***

Sejumlah kegiatan digelar dalam rangka Reyog Jazz Ponorogo antara lain Workshop Jazz bertajuk Jazz masuk Sekolah yang akan menghadirkan Bintang Indrianto dan mengambil lokasi di SMA 2 Ponorogo dan akan dihadiri perwakilan SMA/SMK Se-Ponorogo pada hari Jumat, 20 Okt 2017. Di hari yang sama juga digelar Workshop Jazz untuk umum bertempat di Café Gayeng pada pukul 19.30 menghadirkan Nita Aartsen dan Jean-Sebastien.

Sementara itu panitia juga menggelar Meet and Greet sebagai saran ramah tamah Bupati bersama para penampil RJP2017 yang bertempat di Lumbung Djawa pada hari Sabtu, 21 Okt 2017 mulai pukul 19.00 wib.

WartaJazz
Merupakan eko-sistem jazz di Indonesia. Lebih dari 17 tahun mendukung dan mengembangkan berbagai kegiatan Jazz termasuk Festival. Menyelenggarakan Maumere Jazz Fiesta Flores, Ramadhan Jazz Festival, NgayogJazz, Mahakam Jazz Fiesta, Maratua Jazz & Dive Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta dan lain-lain. Memiliki kepedulian pada pengembangan generasi muda dengan kegiatan Youth Jazz Showcase Series secara teratur, pemberdayaan komunitas dan mempromosikan talenta Indonesia ke mancanegara.

***

Kontak untuk kerjasama Media dan informasi
Ghitha +62 812-8748-7224 ghithaghassani@gmail.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.