Majalah Digital JanganTulalit

Windows Phone 8 Is Here!

645 0

Setelah banyak rumor yang beredar dan dinanti oleh banyak orang, Microsoft akhirnya secara resmi merilis sistem operasi Windows Phone (WP) 8 terbarunya di ajang Microsoft 2012 Developer Summit. Ini berarti WP8 muncul setelah sebelumnya Microsoft mengumumkan produk tablet PC-nya, yaitu Microsoft Surface. Pengumuman yang dilakukan oleh Program Manager Microsoft, Joe Belfiore, ini mengungkapkan kelebihan-kelebihan WP8 yang dibuat untuk dapat bersaing dengan platform mobile lain seperti Android dan iOS. Yang menarik, WP8 akan memiliki “inti” yang sama dengan Windows 8.

Belfiore menjelaskan bahwa WP8 akan menggunakan kernel, sistem file, dan dukungan multimedia yang sama dengan Windows 8. Dengan penggunaan “inti” yang sama ini, diharapkan akan memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi dan game untuk WP8. Tak hanya itu, WP8 juga telah mendukung prosesor multi-core untuk kinerja yang lebih baik. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah dukungan terhadap layar beresolusi tinggi, tidak ada lagi pembatasan resolusi seperti yang ada di WP7. Bahkan WP8 siap mendukung layar beresolusi HD 720p.

Tak ketinggalan, WP8 sudah dibekali dengan browser Internet Explorer 10 yang menggunakan HTML rendering engine yang sama dengan IE8 versi dekstop. Beralih ke fitur navigasi, WP8 mengusung aplikasi peta Nokia Maps yang telah memiliki fitur turn-by-turn navigation dan mampu bekerja secara offline. Teknologi NFC juga sudah disiapkan di WP8 dengan hadirnya fitur Wallet yang sudah mendukung beragam akun mobile payment, seperti Paypal. Sayangnya, karena begitu banyak perubahan yang terjadi di WP8, pengguna ponsel WP7.5 tidak dapat melakukan upgrade ke WP8. (Ayra Fasha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.