Gadget

Georgie: Smartphone untuk Tunanetra

Georgie, sebuah smartphone yang dirancang khusus untuk mereka yang memiliki penglihatan lemah, dirilis di Inggris. Menu henpon layar sentuh ini dilengkapi dengan suara untuk memandu penggunanya. Di dalamnya juga tersedia sejumlah aplikasi yang berguna seperti arah halte bus kota, teks yang dilengkapi dengan audio, dan petunjuk lokasi.

Henpon ini didesain oleh sepasang tunanetra, Roger dan Margaret Wilson-Hinds. Di dalam henpon ini terpasang sistem operasi Android dan menggunakan handset dari Samsung XCover dan Galaxy Ace 2. Alasan kedua perancang tersebut mengembangkan henpon semacam ini adalah memberikan peranti berteknologi yang berguna bagi para peyandang tunanetra atau yang memiliki masalah penglihatan.

Georgie dipasarkan dengan harga £299 (sekitar US$465 atau Rp 4,3 juta), sudah termasuk paket handset yang dilengkapi dengan software navigasi berbasis audio. Namun bagi mereka yang hanya membeli henpon Androidnya saja maka bisa membeliya  seharga £149 (US$230), sementara aplikasinya bisa dicari dari Google Play.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close