News

Jaringan Indosat mendukung Program Mudik dan Lebaran

Drive Test - Semarang okIndosat siap mendukung aktifitas komunikasi pelanggan selama bulan Ramadhan melalui berbagai layanan termasuk kesiapan jaringannya. Dengan demikian Indosat adalah operator terintegrasi, yang melayani pelanggan untuk berbagai layanan yaitu seluler, data tetap, SLI, satelit dan internet.

“Menyambut Ramadhan serta Idul Fitri tahun ini, Indosat meluncurkan berbagai program yang diharapkan dapat mendukung aktifitas selama masa tersebut. Selain meluncurkan berbagai program yang inovatif, Indosat juga mempersiapkan kualitas jaringannya agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama bulan Ramadhan serta masa mudik Lebaran”, demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Beberapa program yang dilakukan Indosat untuk komunikasi pelanggannya  antara lain : Program Ramadhan Indosat bertema “Ramadhan Makin Penuh Berkah” dengan menghadirkan Menyambut Ramadhan serta Idul Fitri,  program VAS Berkah Ramadhan, program Berkah I-Ring Religi serta program Berkah Info Senyum bagi pelanggan selulernya setianya.

Memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, agar pelanggan selulernya  dapat menikmati semua program tersebut dengan nyaman, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasinya. Secara nasional, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa.

Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga kwartal pertama 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408.

Buat mendukung kenyamanan berkomunikasi pelanggan dari gangguan jaringan yang mungkin terjadi, Indosat melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang telah hadir sejak tahun 2004. Pada tahun 2010, SNOC menempati lokasi tersendiri di Serpong, Tangerang – Banten, dan menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi.

SNOC akan memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat. Khusus selama masa Mudik Lebaran, SNOC akan mendukung pusat pemantauan performansi jaringan di Command Centre yang akan beroperasi sejak   H-3 hingga H+3 Lebaran.

Khususnya menjelang Lebaran atau H-3, setiap tahun Indosat membentuk tim internal yaitu Indosat Command Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional khusus selama Lebaran. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Related Articles

Back to top button