News

TELAH LAHIR GENERASI PENGGILA ANDROID

Saat ini kehadiran Tablet telah merubah pola kehidupan seseorang. Perubahan ini tak lepas dari fungsionalitas  Tablet  dan sistim operasi Android yang memberikan kemudahan, kenyaman baik dari sisi teknologi, fitur dan dukungan aplikasi .

Melalui Android juga menjadikan penggunanya bisa mempersonalisasikan dirinya dengan memilih aplikasi dan program yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan beberapa aplikasi mendorong pengguna tablet untuk memasuki era digital life  dimana semua aktifitas dilakukan  serba digital.

Beberapa contoh yang bisa kita lihat dilapangan adalah  jika dulu para ibu rumah tangga memiliki tumpukan buku seri memasak, tapi kini cukup melalui  tablet, berbagai resep dan tips dan trik memasak tersaji di buku dalam format digital.

Demikian halnya dengan pelajar dan mahasiswa, tak perlu lagi nenteng buku banyak dan tebal ke sekolah/kampus, karena materi pelajaran sudah terangkum dalam buku digital pada Tablet . Bahkan ketika waktu istirahat, mereka bisa memainkan berbagai  game  kesukaan di tablet tersebut atau sekedar berkomunikasi dengan banyak kawan di tempat yang berjauhan.

Di tangan seorang dokter,Tablet bisa dijadikan sebagai sarana mengembangkan keilmuan tentang kedokteran dengan membagi  berbagai temuannya di dunia internet, atau sebaliknya bisa lebih cepat mengenal istilah-istliah kedokteran dalam konteks kekinian, seperti kamus kedokteran digital, dll. Bahkan bisa mencatat berbagai status pasiennya hingga memudahkan saat mendiagnosa penyakit yang diderita pasiennya.

Fenomena inilah yang diamati  oleh sosiolog Imam Prasodjo, bahwa sekarang ini sudah terjadi perubahan besar-besaran dikalangan masyarakat tentang cara berinteraksi antara satu sama lainnya. Jika dulu pertemuan fisik menjadi sangat penting, sekarangcukup dengan sosial media.

Tentunya setelah kemunculan Android dan Tablet. “Boleh dibilang sekarang ini muncul generasi baru yang disebut Gen Droid atau Generasi pengguna,” ungkap Sosiolog dari Universitas Indonesia ini.

Sementara TeguhPrasetya, pengamat telematika trend Tablet ini tidak lepas dari makin baiknya layanan mobile broadband di Indonesia. Koneksi internet yang makin baik mendorong pertumbuhan Tablet secara signifikan.  Banyak operator yang sudah mem-bundling paket layanan data dengan para pabrikan Tablet.

Hal senada pun diprediksi oleh IDC bahwa pertumbuhan Tablet PC  kian positif. Diprediksi tahun 2012 ini ada sekitar 1 juta unit  yang siap meramaikan pasar. Sebuah pertarungan yang sangat keras tentunya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close