Majalah Digital JanganTulalit

iPad bagi Orangutan untuk mengusir rasa bosan

545 0

orang utan pake iPadRupanya iPad tidak hanya digemari oleh orang dewasa dan anak-anak saja. Bahkan orangutan yang berada di kebun binatang di AS pun menyukai  tablet itu, melalui program “Apps for Apes”. seperti dikutip dari Voice of America.

Menurut Richard Zimmerman, pendiri organisasi pelestarian orangutan, i-Pad bisa mengusir perasaan bosan orangutan di kebun binatang dan bisa membantu mengasah indra penglihatan, peraba, dan pendengaran binatang itu. Makanya sekelompok orangutan di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di  Washington DC, diperkenalkan perangkat  iPad  yang popular di seluruh dunia.

Rupanya Orangutan penghuni  kebun binatang di Washington DC, The Smithsonian  National Zoo, kini mempunyai mainan baru yang canggih dan modern, yaitu iPad.  Sebanyak 12 kebun binatang di berbagai kota diantaranya Houston, Atlanta, Toronto, Utah dan Milwaukee. Dibagikan I-Pad yang  merupakan hasil prakarsa Orangutan Outreach, organisasi pelestarian orangutan.

Menururt Richard Zimmerman, pendiri organisasi pelestarian orangutan mengatakan kepada majalah TIME, ia berharap, program Apps for Apes bisa membantu menyebarkan pesan secara luas tentang pelestarian orangutan. Selain itu pula kehadiran iPad bisa mengusir perasaan bosan orangutan di kebun binatang. Oh alah bisa bosen juga tuh Orang Utan.

Zimmerman menambahkan, sangat menarik  dan lucu ketika melihat orangutan itu asyik bermain dengan ipad tersebut, namun jika dibayangkan apa yang terjadi atas orangutan di alam liar sana, sangatlah mengerikan.

Anda jangan berfikir bahwa iPad itu diberikan begitu saja kepada si orang utan. Dalam artikel yang  dimuat di majalah Time dikatakan, orangutan itu diperbolehkan bermain dengan berbagai aplikasi pada iPad itu selama lima menit hingga setengah jam. Pastinya iPad yang digunakan untuk bermain itu tetap harus dipegang oleh penjaga kebun binatang, karena si orangutan ini mempunyai kecenderungan untuk memecahkan layar iPad itu. Ah dasar nih Orangutan.

iPad ini memiliki 10 aplikasi yang berbeda yang berisikan permainan kognitif, program menggambar, suara-suara binatang lain, dan  alat musik. Wal hasil beberapa  orangutan itu menggemari applikasi alat musik yang berbeda. Misalnya, bermain drum lewat aplikasi tablet tersebut. Bermain piano, dan  yang lainnya gemar mendengar suara gemericik air dari kolam ikan koi sambil memandang layar i-Pad yang menampilkan ikan-ikan tersebut sedang berenang.

Selain itu juga, petugas kebun binatang  menggunakan program Skype bagi orangutan ini hingga dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orangutan yang ada di  kebun binatang lain. Petugas kebun binatang pun melakukan pengamatan terhadap interaksi lewat Skype tersebut untuk melihat apakah orangutan itu dapat mengenali orangutan lain dimana mereka mungkin pernah tinggal bersama di kebun binatang lain. Wah mungkin juga kah mereka akan diperkenalkan dengan twiter, path, facebook dan media sosial lainnya ? hehehee ada ada saja ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.