Majalah Digital JanganTulalit

XL Bumiku, Info Cuaca Bagi Petani

519 0

XL Bumi bagi petani okGaya hidup digital semakin merambah wilayah pedesaan tanah air. Ditandai dengan  XL meluncurkan layanan informasi cuaca. Layanan ini menyasar kalangan petani di seluruh Indonesia maupun masyarakat pada umumnya. Layanan ini dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis oleh pelanggan XL. Layanan bernama “XL Bumiku” ini sudah bisa diakses oleh pelanggan mulai 18 April 2013.

Chief of Digital Services XL – Dian Siswarini mengatakan, “Layanan ini dapat membantu komunitas petani dalam mengantisipasi perubahan cuaca. Menjawab harapan pemerintah agar petani lokal mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya.”

Menurut Dian, untuk menghadirkan XL Bumiku ini, XL mendapatkan dukungan dari TotoAgriculture – suatu organisasi non-profit yang didanai oleh Bill dan Melinda Gates Foundation. “Untuk sosialisasi dan agar bisa dimanfaatkan secara efektif oleh kalangan petani, XL bekerjasama dengan Parade (Persatuan Rakyat Desa) Nusantara yaitu komunitas yang beranggotakan para kepala desa di seluruh Indonesia,” kata Dian.

Pada fase pertama XL Bumiku menyediakan layanan perkiraan cuaca berdasarkan data dari TotoAgriculture.org. Fase selanjutnya, layanan ini akan memberikan juga akses informasi mengenai tips tanah , tips tanaman, informasi harga pasar, dan pembelian hasil tani.

Layanan informasi cuaca gratis ini dapat diakses menggunakan semua jenis henpon, tidak harus smartphone. Caranya, cukup melalui UMB Channel (*123*110#) dan juga SMS ke 1100. Para petani dapat berlangganan XL Bumiku dengan mengetik Bumiku#Wilayah dan kirim ke 1100 (Contoh: Bumiku#Pekalongan). Selain itu informasi cuaca gratis ini dapat diterima sesuai dengan permintaan, caranya dengan mengetik Cuaca#Wilayah#Jumlah Hari kirim ke 1100 (Contoh Cuaca#Pekalongan#1 ).

Wilayah-wilayah yang dapat diakses oleh XL Bumiku adalah Banyumas, Bandung, Garut, Kudus, Pati, Pekalongan, Purwodadi, Tegal, Magelang, Purwokerto, Majalengka, Tasikmalaya, Madiun, Probolinggo, Serang, Jakarta Selatan, Kisaran, Labuhan Batu, Padang Sidempuan, Siantar, Tapanuli dan Jambi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.