Majalah Digital JanganTulalit

XL + AXIS = AVELON ?

560 0

Siap siap bagi pelanggan setia XL dan AXIS akan bergabung menjadi satu. Sampai saat ini  kabar  seputar mergernya kedua operator telekomunikasi terus bergulir walau pun tak ada informasi yang pasti. Yang ada adalah rumor yang menyatakan pihak Axiata Group akan melakuka proses akuisisi terhadap Axis Telekom Indonesia.

Apakah rencana ini merupakan strategi  XL untuk menduduki operator peringkat dua di Indonesia ?  Hingga menjadi pertimbangan XL melakukan merger dengan operator AXIS. Secara awam bisa jadi demikian, melihat saat ini persaingan yang ketat terjadi di antara para operator semakin tajam. Dari sisi Industrinya tentu langkah ini menjadi cara untuk meningkatkan persaingan yang kondusif di dunia telekomunikasi. Seperti diketahui saat ini Indonesia disesaki hampir 10 operator baik yang GSM maupun yang CDMA.

Konon nantinya XL dan AXIS yang akan bergabung menjadi satu bendera perusahaan. Proses penjajakan untuk melakukan akuisisi oleh XL terhadapa AXIS katanya sudah lama. Kini tinggal menunggu  pihak AXIS  mendapatkan persetujuan dari pihak Saudi Telecom Company selaku induk perusahaan Axis.

Menurut informasi yang didapat dari sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Axiata mengajukan skema akuisisi dengan menawarkan 17% hingga 19% saham Axiata Group Berhad, untuk kemudian ditukar guling dengan kepemilikan saham Axis. Jika penawaran tersebut disetujui pihak Saudi Telecom selaku induk perusahaan Axis, maka rencana penggabungan dua perusahaan itu (XL dan Axis) nantinya akan mereka namakan ‘Avelon’.

Rencana akuisisi Axis oleh Axiata sebenarnya bukan tak ada masalah. Bisa jadi rencana tersebut terganjal oleh UU No 5 tahun 1999 pasal 26, tentang Persaingan Usaha. Tapi sepertinya peraturan ini tak akan menjadi masalah besar, sebab saat ini pangsa terbesar operator di Indonesia dipegang oleh Telkomsel  yang memegang lebihb dari separuh pasar pengguna selular di Indonesia. Sementara kalaupun kedua operator XL dan Axis digangung belum bisa melampaui besarnya pangsa pasar Telkomsel.

Ekses dari desas-desus akan diakuisisinya AXIS oleh XL  akuisisi ini membuat sebagian karyawan Axis menjadi resah. Pasalnya, jika rencana akuisisi ini sampai terjadi, maka akan dilakukan pemangkasan tenaga kerja untuk posisi tertentu di anak perusahaan Saudi Telecom itu yaitu AXIS. Semoga penggabungan ini memberikan manfaat bagi perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia dan tidak merugikan kepada para pekerjanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.