Catatan Pengamat & TipsNews

Apa yang harus dilakukan jika henpon Terendam Air

henpon terendam air 1Saat ini musim hujan telah tiba. Air kerap menjadi musuh utama henpon. Biasanya faktor kelalaian dan ketidaksengajaan yang membuat henpon terpercik, tergenang bahkan terendam air. Ujung-ujungnya, saat air menembus sirkuit atau komponen bagian dalam henpon maka berbagai masalah muncul, mulai dari kerusakan layar, gangguan pada tombol sampai mati total.

Tapi tahukah kamu, ada langkah awal atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menghindarkan kerusakan atau meminimalisir masalah pada henpon saat bersentuhan dengan air. Setidaknya, kamu bisa berjaga-jaga atau menghindari hal-hal yang tak diinginkan pada henpon. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan.

1. Jangan Nyalakan Ponsel

Jangan coba-coba menyalakan henpon saat terendam air karena akan menimbulkan masalah dan komponen yang terkena air bisa langsung rusak.

2.  Cabut Baterai

Segera matikan henpon atau cabut baterai jika memang sudah tanggung mati. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting pada sirkuit bagian dalam. Cabut semua kelengkapan di bagian dalam yang bisa dilepas.

3. Segera keringkan henpon

Segera keringkan henpon secepatnya, bisa menggunakan lap kering, handuk atau dengan cara dikibas-kibas. Intinya, air pada permukaan henpon atau yang sudah merembes ke dalam bisa keluar. Setelah itu jemur semua bagian henpon jika memang terpaksa.

4. Pakai alkohol atau timbun dengan beras

Alkohol bisa jadi opsi untuk mengeluarkan air dari dalam henpon. Pasalnya, alkohol lebih cepat menguap dan bisa membantu air keluar dari sela-sela henpon.  Cara lain yang bisa ditempuh adalah menimbun henpon dengan beras. Sifatnya yang menyerap lembab bisa membantu menurunkan tingkat kelembaban pada henpon.

5.  Bawa ke teknisi

Solusi yang bisa dilakukan jika henpon masih belum bisa dinyalakan adalah dengan cepat-cepat membawanya ke teknisi. Pasalnya, ada kemungkinan henpon masih bisa diselamatkan jika segera dicek permasalahannya oleh sang teknisi .

6. Beli henpon tahan air

Ini dia langkah terakhir yang bisa dilakukan jika kamu tak mau repot saat henpon berurusan dengan air. Kamu bisa membeli henpon tahan air yang sekarang cukup banyak beredar di pasaran. Biasanya, henpon seperti ini sudah mendukung sertifikasi tertentu dan memang diperuntukkan untuk aktifitas outdoor.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close