News

Berkunjung ke Pabrik Coolpad di kota Dongguan

pabrik 5Ditengah hiruk pikuk soal Jaringan 4G, PT Smartfren Telecom pemegang merek Smartfren terus mengeluarkan produk barunya berbasis CDMA yang di sandingkan dengan GSM disetiap produknya. Tentunya untuk urusan kualitas produknya, Smartfren tak  kompromi, kali ini menggandeng  vendor henpon pintar  asal  Tiongkok, Coolpad yang dikunjungi  rombongan jurnalis dari jakarta dari tanggal 7 – 10 Otober 2014.

Kerjasama strategis pertama dengan Coolpad  menghasilkan produk  henpon pintar Smartfren  Andromax G2 Limited Edition. Seperti diketahui, Smartfren  sudah banyak  bekerjasama dengan vendor-vendor Tiongkok lainnya yang memproduksi Andromax seperti  Hisense, Haier, ZTE, Innos, dan kini dengan Coolpad.

pekerjanya mesti teliti

Seperti diketahui Coolpad bukanlah  perusahaan kacangan di bidang henpon pintar. Di pasar Tiongkok, Coolpad menduduki  urutan pertama dengan penjualan tertinggi henpon pintar berbasis 4G. Sementara  di pasar henpon pintar jaringan 3G, Coolpad masuk di peringkat ke-tiga, so hal ini menjadi bukti Coolpad gak bisa diremehkan.

Selama ini kalau bicara tentang produk henpon asal Tiongkok, hal pertama yang terlintas adalah masalah kualitas, Dulu, mungkin banyak vendor local yang mendatangkan produk henpon dari Tiongkok hanya mengutamakan  soal harga yang murah, hingga factor kualitas menjadi urutan kesekian. Namun saat ini para vendor, salah satunya Smartfren yang terpaksa menjadi pengimport henpon, karena tak banyaknya henpon berbasis CDMA di pasaran, berusaha memberikan produk henpon yang bukan saja terjangkau dari sisi harga, namun soal kualitas pun jadi perhatian utama.

produk Coolpad 4GBahkan kalau diperhatikan saat ini, hampir seluruh vendor besar dunia, termasuk Apple memilih Tiongkok sebagai lokasi pabrik mereka. So bisa dibilang  bahwa pabrikan Tiongkok tidak bisa dipandang sebelah mata lagi dalam menghasilkan produk teknologi tinggi.

Nama Coolpad memang masih terdengar asing di Indonesia. namun, Coolpad adalah  salah satu pemain besar di dunia henpon pintar. Dalam setahun saja, Coolpad bisa memproduksi 60 juta unit henpon pintar. Strategi yang diterapkan oleh Coolpad  untuk menembus pasar global adalah melakukan kerja sama dengan para operator atau vendor lokal. Di Indonesia dengan Smartfren tentunya. Sampai saat ini Coolpad telah mengekspor produknya ke Amerika Utara, Eropa, Taiwan dan India.

Ketika mengunjungi Pabrik Coolpad yang terletak di kota Dongguan, terlihat  sangat detil dalam melakukan kontrol kualitas produknya. Dalam melakukan uji kualitas, Coolpad tergolong “sangatkeras”. Mereka melakukan 140 tahapan uji kualitas, seperti ketangguhan dengan menjatuhkan ponsel pintar dari ketinggian sekitar 1 meter, uji ketahanan cuaca, benturan, getaran, dan juga uji ketahanan baterai. Semua tes dilakukan dengan metode yang akurat dan mesin berteknologi tinggi.  Dibagian ini si henpon seolah menjalani  “penyiksaan” demi mendapatkan kualitas yang prima.

Para pekerja pabrik di Coolpad ini  berkerja per shif. Dalam satu shift, pada satu line produksi ada sekitar dua puluh orang dan mampu mengerjakan 3.000 unit henpon pintar. Mereka saling terkait dari yang dengan merakit perangkat keras, perangkat lunak, pengetesan dan pada bagian akhir dilakukan pengepakan. Hingga kemudian henpon siap untuk dipasarkan.

Ada beberapa pekerjaan yang tak bisa dilakukan oleh mesin dan harus dilakukan dengan tenaga manusia, seperti memastikan nomor seri pada software sesuai dengan nomor seri pada henpon, atau melakukan tes terhadap berbagai fitur-fitur yang ada di henpon seperti kamera, audio, tampilan henpon dan beberapa aplikasi lain yang musti dipastikan berjalan dengan baik.

setelah kunjungan PabrikDari sisi perusahaan Coolpad yang bernaung di bawah perusahaan Yulong Computer Telecommunication Scientfific Co., Ltd. Perusahaan ini terbilang sudah sangat berpengalaman memproduksi perangkat komunikasi berteknologi tinggi. Sudah sejak tahun 1993, Coolpad menjadi vendor penyedia perangkat komunikasi dengan spesifikasi tinggi, seperti pager (radio panggil) yang populer di era 90-an dan PDA yang sempat populer di era awal 2000-an.

Coolpad memiliki beberapa divisi produk di Tiongkok, seperti divisi penelitian dan pengembangan produk, pabrik, dan kantor utama dengan total karyawan lebih dari 5.000 orang. Semua divisi itu saling terkait, sehingga Coolpad tergolong perusahaan yang pesat dalam menyuguhkan produk-produk futuristik. Prestasi itu dibuktikan Coolpad dengan menerima penghargaan dari Pemerintah Tiongkok sebagai produk dengan kualitas terbaik di tahun 2014.

pabrik 6

Hingga 2014, Coolpad sudah mematenkan penemuan-penemuan mereka hingga berjumlah 6.000 paten. Ini membuktikan bahwa divisi riset dan pengembangan mereka begitu produktif dalam menyongsong teknologi masa depan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close