News

IWIC 9th Akan Memunculkan ‘Srikandi Teknologi’ Baru

Indosat Iwic 1

Indosat menghadirkan dua kategori baru dalam Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-9, dan salah satunya adalah Kategori Ide dan Aplikasi untuk Perempuan, dengan harapan segera muncul ‘Srikandi  Teknologi’ yang baru di Indonesia. IWIC merupakan ajang kompetisi ide bisnis dan aplikasi mobile yang telah diadakan Indosat selama 9 tahun berturut-turut. Kategori baru lainnya adalah Kategori Khusus Ide bagi peserta Anak-anak & Remaja.

Mengusung tema ‘Innovate Your Life’ dalam IWIC 9th, Indosat percaya bahwa peran perempuan sangat penting dalam melahirkan masyarakat melek teknologi. Bukan hanya sebagai user, namun juga sebagai content creator.

Hadirnya Kategori Ide & Aplikasi untuk Perempuan, walaupun dapat diikuti oleh peserta laki-laki maupun perempuan, namun diharapkan juga dapat mendorong semakin banyak perempuan yang turut berpartisipasi membuat ide maupun aplikasi mobile dan semakin mendekatkan perempuan kepada kesempatan-kesempatan baru yang dihadirkan dari teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini juga sejalan dengan program pemberdayaan perempuan melalui berbagai kegiatan CSR yang terangkum dalam program INSPERA (Insprirasi Perempuan Indonesia).

Salah satu bagian baru dari acara IWIC 9th adalah Women Developer Day, terkait dengan sub-kategori perempuan, yang merupakan ajang berkumpulnya komunitas developer khususnya perempuan dan ajang belajar perempuan Indonesia dalam mengenal teknologi dan menjadi seorang teknopreneur dengan topik “Kartini Teknologi”. Dalam ajang ini juga akan ditampilkan contoh perempuan Indonesia yang sukses di bidang teknologi informasi untuk berbagi dan saling memotivasi.

Indosat Iwic 2“Di peradaban manapun, sebenarnya perempuan memegang peranan penting dalam mengarahkan jalan generasi baru untuk masa depan yang lebih baik. Walaupun stereotip yang berkembang adalah lelaki lebih mendominasi di berbagai sektor, termasuk sektor teknologi. Lewat IWIC, kami ingin membantu mendobrak stereotip itu. Sebab kelahiran inovasi itu tidak bias gender. Bukan hanya innovate his Life atau hanya innovate her Life, tapi innovate our Life dan innovate your life. Kami bangga dapat terus menghadirkan IWIC hingga tahun ke-9, sebagai bagian dari konsistensi dan komitmen kami dalam membangun ekosistem digital Indonesia,” demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat saat meluncurkan IWIC 9th di ajang ICS 2015, di JCC-Jakarta.

Pada akhirnya semua upaya tersebut akan dapat meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat dan mendorong kemajuan bangsa kita. Dengan jumlah pengguna internet sebesar 34% dari jumlah penduduk dan pengguna smartphone sebesar 24,7% dari total penduduk, serta penetrasi pelanggan seluler sebesar 121%, hadirnya berbagai aplikasi inovatif dari ajang IWIC ini akan semakin mendukung terciptanya ekosistem digital Indonesia.

IWIC 9th menghadirkan kategori 2 kategori besar yatu Kategori Ideas dan Kategori Apps, serta tambahan Kategori Khusus Anak-Anak & Remaja. Masing-masing Kategori Ideas dan Apps terbagi menjadi 4 sub-kategori yaitu (1) Communications, Lifestyle & Education; (2) Multimedia &Games; (3) Utility (tools, security, ideas/apps for disability); (4) sub-kategori baru Women. Kategori Khusus bagi peserta Anak-anak & Remaja diperuntukkan untuk pelajar SD-SMA/SMK) namun masih terbatas proposal ide.

Kategori Khusus bagi peserta Anak-anak & Remaja memiliki tujuan memperkenalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat yang mendidik serta sumber mencari informasi. Indosat mengajak anak-anak dan remaja bukan saja menjadi pengguna teknologi tetapi juga content creator yang berkreasi dan berinovasi di dunia digital.

Periode kontes IWIC berlangsung sejak 13 Juni s/d 31 Oktober 2015, karya peserta ditunggu selama periode tersebut. Selama masa kontes, berbagai kegiatan dalam rangka mensosialisasikan kompetisi ini antara lain roadshow di berbagai kampus terkemuka di seluruh Indonesia. Kegiatan sosialisasi juga dilakukan ke berbagai sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA terkait dengan Kategori Baru bagi peserta Anak-anak & Remaja. Bahkan untuk kategori baru ini juga akan diselenggarakan kegiatan Kids Coding Camp, yaitu kegiatan semacam hackathon, pembuatan aplikasi dalam 3 hari khusus bagi peserta anak-anak dan remaja.

Di akhir kegiatan penjurian, 27 finalis dari semua kategori akan mengikuti kegiatan Boothcamp sekaligus penjurian grand final IWIC 9th yang akan berlangsung 3 hari di Jakarta. Berbagai hadiah menarik menanti para pemenang IWIC 9th ini, antara lain berupa gadget, uang tunai, beasiswa di Founder Institute, Mentoring Harukaedu dan kesempatan untuk mendapatkan pendanaan di Crowdtivate.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button