Majalah Digital JanganTulalit

MNC Play Menyikapi Kehadiran Netflix di Indonesia

836 0

Sebelum ada peraturan yang jelas, MNC Play tidak akan mengambil keuntungan dari situasi Netflix di Indonesia. Menanggapi kehadiran Netflix, salah satu situs layanan streaming video film dan serial televisi di dunia yang pada awal Januari ini layanannya sudah dapat dinikmati oleh Masyarakat Indonesia, MNC Play memprediksi bahwa layanan Netflix tidak akan menjadi faktor disrupt. “Kami mempertimbangkan dan menempatkan layanan Netflix sebagai complimentary bagi pelanggan MNC Play karena layanan tersebut membutuhkan internet berkecepatan tinggi sebagai penghantarnya”, ujar Ade Tjendra, Direktur Komersial MNC Play.

Layanan Netflix juga tidak dapat menekan pembajakan karena materi film yang dibajak adalah film yang masih atau sangat baru tayang di bioskop, sedangkan Netflix memiliki jendela tayang paling cepat 6 bulan setelah tayang di bioskop, lengkap Ade.

Jika operator BUMN sudah melakukan pemblokiran akan situs Netflix, MNC Play Media belum melakukan tindakan agresif sampai dengan adanya regulasi atau arahan dari pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informasi masih melakukan penyusunan kebijakannya. MNC Play berusaha untuk tidak mencari keuntungan dari kondisi yang ada saat ini.

Terkait dengan isu konten yang disediakan oleh Netflix, MNC Play memberikan tanggapannya bahwa penyedia konten apapun dari luar negeri sudah seharusnya diatur oleh kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informasi karena terkait dengan konten sehat dan aman bagi Masyarakat Indonesia.

“Penyedia konten tersebut juga harus tunduk pada kebijakan usaha di Indonesia dari sisi pendapatan yang diterima dan comply dengan peraturan pajak di Indonesia. Sehingga, dapat tercipta iklim berusaha yang adil dengan penyedia konten lokal.”, lengkap Ade Tjendra, Direktur Komersial MNC Play.

Gimana nih Penyelenggara layanan internet lainnya juga para Operator Selular selain Telkom ?