News

Microsoft Dorong Percepatan Pertumbuhan Bisnis UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi

Microsoft 1 okUntuk pertama kalinya Microsoft menyelenggarakan Device Days, sebuah acara yang memamerkan perangkat-perangkat terkini dari berbagai Original Equipment Manufacturer (OEM) di Indonesia. Acara ini merupakan salah satu bentuk komitmen Microsoft untuk membantu mempercepat pertumbuhan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki gaya kerja mobile melalui pemilihan dan penggunaan teknologi. Melalui Perangkat berbasis Windows 10 Pro bantu UMKM lindungi data perusahaan secara mudah dengan menawarkan sistem keamanan tingkat enterprise.

Berdasarkan studi New World of Work yang dikeluarkan oleh Microsoft, sebanyak 92% karyawan UMKM di Indonesia telah memposisikan diri sebagai mobile workers, namun hanya 29% yang sudah merasa terfasilitasi untuk menghadapi tantangan dalam era gaya kerja baru. Kesenjangan ini menunjukkan besarnya kebutuhan UMKM untuk memiliki teknologi yang dapat mendukung gaya kerja mobile mereka.

“Menyadari kebutuhan UMKM yang semakin mobile dan berbeda-beda, Microsoft bersama beberapa OEM seperti HP, Dell, Lenovo, Acer, Relion, Byon, Axioo dan Wearnes menyelenggarakan Device Days agar dapat menampilkan beragam tipe perangkat dalam berbagai ukuran dan spesifikasi, seperti laptop, notebook, 2-in1 dan tablet,” jelas Rudy Sumadi, Small Medium Business Lead, Microsoft Indonesia. ”Perangkat-perangkat tersebut hadir mulai dari yang kecil dan ringan, hingga yang cukup besar apabila pengguna mengharapkan tampilan yang lebih jelas,” lanjut Rudy.

Microsoft 2 okMenurut Irene Santosa, Small Medium Business Director, Lenovo Indonesia, UMKM cenderung memiliki kriteria yang sama dalam memilih perangkat yang akan digunakan untuk kepentingan usaha mereka, yakni perangkat yang dapat mendukung produktivitas serta menjaga keamanan data. “Lenovo menyadari kesulitan yang kerap dihadapi UMKM dalam memilih perangkat yang sesuai bagi mereka. Melalui Device Days hari ini, kami dapat membantu retailers yang akan berhadapan langsung dengan para UMKM untuk memahami perbedaan serta keunggulan setiap perangkat, sehingga UMKM dapat menentukan pilihan dengan lebih mudah,” ujar Irene.

Linda Dwiyanti, Windows Business Group Lead, Microsoft Indonesia menjelaskan, “Windows 10 Pro merupakan platform yang cocok untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis agar dapat lebih mengelola perangkat dan data di era mobile-first, cloud first. Oleh karena itu, Microsoft melalui Windows 10 Pro memberikan sistem perlindungan tambahan, yakni perlindungan terhadap Identity, Threat, dan Information.”

Perlindungan sistem keamanan ini tentunya hanya dapat diperoleh apabila pengguna menggunakan Windows 10 asli. Adapun saat ini Indonesia masih menjadi bagian dari Priority Watch List, daftar Negara di dunia yang diidentifikasi sebagai Negara dengan tingkat pembajakan tinggi. Studi  yang dikeluarkan oleh Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) dalam kerjasamanya dengan Makara Mas Universitas Indonesia bahkan menyatakan bahwa perangkat lunak merupakan produk yang paling sering dibajak di Indonesia (33,5%).

Menggunakan perangkat lunak bajakan tidak hanya akan membawa kerugian bagi pengguna karena rentan terhadap kejahatan dunia maya dan berpotensi menghasilkan kerugian, tetapi juga dapat mengurangi kepercayaan investor, khususnya di bidang teknologi, dalam menanamkan sahamnya di Indonesia.

Sementara itu, menyediakan perangkat dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan UMKM dapat membawa dampak positif bagi negara, termasuk Indonesia. Sebab, UMKM memberikan kontribusi terhadap PDB Indonesia hingga 58,92% serta penyerapan tenaga kerja hingga 97,3%. Angka yang signifikan untuk menjaga tingkat persaingan Indonesia dengan negara-negara lain di era pasar terbuka seperti saat ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button