News

Lenovo Vibe C, Smartphone  4G/ LTE harga Sejutaan

lenvo-vibe-c-dualKebutuhan akses internet kecepatan tinggi kini menjadi sebuah kebutuhan bagi pengguna perangkat pintar. Namun mayoritas henpon yang dibekali dengan koneksi 4G/LTE dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga ini menjadi pertimbangan banyak orang dalam memilih henpon.

Namun Lenovo melihat peluang pasar ini, dengan memperkenalkan Lenovo Vibe C (A2020a40). Smartphone yang membidik segmen pasar low-entry ini dibekali dengan koneksi internet cepat via 4G/LTE, fitur multimedia yang lengkap, dan juga spesifikasi teknis yang sangat memadai.

Jangan khawatir, henpon ini dibenderol dengan harga cukup bersahabat kok, hanya sekitar Rp.1,2 jutaan saja. Penasaran dengan performa dan kinerja dari henpon yang dijuluki “The Excellent Performance at a Great Price”? Jangan Tulalit mengupastuntas  untuk Anda.

DESAIN

lenovo-vibe-c-6Dari segi desain, Lenovo Vibe C memiliki bodi berdimensi 143.5 x 71.8 x 9 mm dan bobotnya mencapai 166 gram. Memang bobotnya tergolong sedikit berat jika dibandingkan dengan bobot henpon rata-rata di pasaran. Namun Anda akan tetap nyaman menggenggam Lenovo Vibe C, dikarenakan penggunaan material plastik matte pada bagian casingnya.

Bila telapak tangan Anda berkeringat sekalipun, Anda akan tetap nyaman dan mantap menggenggam Lenovo Vibe C.  Seluruh bodi Lenovo Vibe C  terbuat dari bahan plastik, termasuk pada bagian depan dan sisi henpon. Hanya pada bagian tombol fisik yang ditempatkan di sisi kanan bodi henpon yang terbuat dari bahan metal.

Seperti layaknya  henpon kekinian, Lenovo Vibe C telah menghilangkan tombol Home dan tombol fisik di bagian depan henpon. Sebagai gantinya, henpon ini  menempatkan tiga buah access button di bagian bawah layar menuju Home, Back dan Setting Wizard.

Sementara itu, pada bagian sudut bawah henpon terdapat celah kecil untuk mencungkil casing belakang henpon. Hal ini memudahkan Anda untuk menyisipkan SIM 1, SIM2, kartu MicroSD ataupun mengganti  baterai di Lenovo Vibe C, karena henpon ini menerapkan desain baterai model dapat dilepas, bukan unibody.

Beragam konten visual di henpon ini ditampilkan melalui layar  TFT-TN capacitive touchscreen berukuran 5 inci beresolusi 854x480piksel. Layar henpon ini sanggup menampilkan 16 juta spectrum warna dengan tingkat kerapatan layar ~294 ppi pixel density. Meskipun resolusi layarnya belum layar HD, namun layar henpon ini tetap dapat menawarkan kualitas gambar lebih tajam, dan bright. Bahkan Anda tetap akan nyaman melihat berbagai tampilan visual  di layar Lenovo Vibe C di saat Anda mengoperasikan henpon ini di bawah terik matahari sekalipun. Namun sayangnya Anda harus menambahkan screen guard secara terpisah, karena layar henpon ini belum dilindungi lapisan antigores seperti Corning Gorilla Glass.

FITUR

lenovo-vibe-c-3Untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang menyenangkan di henpon ini, Lenovo memberkali dengan beragam fitur multimedia. Dimulai dari sektor fotografi, henpon ini dipersenjatai dengan dual kamera. Kamera utama memiliki resolusi 5MP dan kamera depan memiliki resolusi 2MP. Kamera utamanya didukung oleh settingan Autofocus, dan LED Flash.

Beragam fitur kamera juga disematkan di kamera Lenovo Vibe C, mulai dari Geo-tagging, Touch-focus, dan Face-Detection. Sedangkan modus pengambilan gambar bisa Anda personalisasikan sesuai kebutuhan Anda mulai dari Panorama, General, dan Spesial Effect (Anda bisa menambahkan beragam effect di hasil jepretan kamera Anda mulai dari Sepia, Mono, None, Solarize, Negative, Posterize, dan Aqua).

Meskipun terlihat beragam settingan kamera di henpon ini terbilang standar, namun Anda bisa mendapatkan kualitas foto yang sangat baik dan tajam. Dan kameranya pun sudah bisa menangkap objek bergerak dengan sangat baik, tanpa blur atau berbayang.

Kami mencoba memotret outdoor lalu lintas  kendaraan yang melaju dengan cepat di jalan raya, dan hasil fotonya tajam, natural dan objek-objek kendaraan tampak “freeze”, dan tidak berbayang. Manfaatkan pula kaera di henpon ini untuk melakukan perekaman dengan kualitas 720p@30fps.

Selain itu di sektor multimedia, Lenovo Vibe C menyediakan beragam aplikasi pre-loaded yang bisa langsung Anda nikmati di henpon ini mulai dari Guvera Music, i-free eBook Store, Evernote, Wun Zinn Book Store, dan GameStore. Bagi Anda yang hobi dengar musik, henpon ini dibekali dengan pemutar musik yang dapat memutar file berjenis MP3/WAV/eAAC+/FLAC, dan ada alternatif hiburan audio lainnya melalui FM Radio.

Sedangkan untuk koneksi internet cepat, henpon murah meriah ini sudah mendukung konektivitas di jalur 4G/LTE yang bekerja pada jaringan LTE TDD:Band 38/40/41(200MHz)| FDD Band:1/3/4/5/7/8/20.

Henpon ini juga dilengkapi kemampuan membaca Dual SIM  yang memungkinan Anda untuk memiliki dua nomor di henpon ini, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu saja, di henpon ini juga tersedia konektivitas nirkabel berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, port MicroUSB 2.0, dan navigasi GPS. Namun henpon ini belum mendukung koneksi NFC dan USB Type-C.

KINERJA

nenamark-1Perihal kinerjanya, Lenovo Vibe C mengandalkan spesifikasi hardware dari processor quad core 32-bit Qualcomm Snapdragon 210 dengan clock speed 1 GHz, memori internal berkapasitas 16GB dan RAM 1GB yang tergolong agak kecil untuk standar henpon yang saat ini banyak di pasaran.

Namun Anda diberikan fleksibilitas untuk memperluas penyimpanan memori eksternal dengan hadirnya slot MicroSD yang sanggup menampung hingga 32GB Sementara untuk dukungan pengelolaan grafisnya, henpon ini mengandalkan GPU Adreno 304 (up to 400 MHz).

Kami mencoba menjalankan beberapa aplikasi game dengan bobot grafis yang cukup rumit  seperti Gunship Strike 3D, Grand Gangster 3D, dan banyak aplikasi lainnya. Selain itu, henpon ini lancar dalam menjalankan berbagai tugas multitasking.

game-1Untuk mengukur performa dari Lenovo Vibe C, Jangan Tulalit  menggunakan beberapa aplikasi benchmarking di antaranya Antutu Benchmark v6.2.0, dan GeekBench 3, sedangkan untuk mengukur performa grafis di henpon ini kami menggunakan  aplikasi benchmark NenaMark 2.4.

Dengan menggunakan aplikasi GeekBench 3, diketahui skor performa henpon ini dengan single core  adalah 265 dan multi core 807. Sementara itu, dengan menggunakan benchmark Antutu, Lenovo Vibe C memperoleh skor 21989, menempatkannya di atas rata-rata henpon kelas low entry. Sedangkan untuk mengukur performa grafis di henpon ini kami menggunakan aplikasi NenaMrk 2 yang di mana diperoleh angka kecepatan grafis sebesar 49,2 fps (frame per second).

KESIMPULAN

Membidik segmen pasar entry level, dengan dibanderol harga sangat ekonomis yakni Rp.1,2 jutaan, Lenovo Vibe C sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan henpon dengan harga terjangkau, fitur lengkap, multimedia, dan koneksi 4G/LTE.

Dan henpon ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang mencari perangkat selain  sebagai media berkomunikasi, juga untuk menikmati beragam konten hiburan. Karena henpon ini dibekali dengan layar cukup lapang untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam menikmati setiap konten di henpon ini.

SPESIFIKASI

Jaringan          : GSM / HSPA/ LTE (Dual SIM/ Micro SIM- SIM, Dual Stand-by)

Dimensi           : 143,5 x 71,8 x 9 mm

Berat               : 166 gram

Layar               : Layar IPS LCD capacitive touchscreen 5,0 inchi (480×854 piksel), 16M colors, ~294ppi, multi touch

Memori           : memori internal 16GB ,RAM 1GB, support MicroSD up to 32GB

Processor        : Quad Core Qualcomm Snapdragon 210 clock speed 1 GHz

GPU                 : Adreno 304

OS                    : OS Android v5.1.1 Lollipop

Kamera           : Kamera depan 2MP; Kamera belakang  5MP

Baterai                        : Removable Battery Lithium Ion 2.300 mAh

Fitur                 : Active noise cancellation with dedicated mic, MP3/WAV/eAAC+/FLAC player, MP4/H.264 player, Alert types Vibration, Wi-Fi 402.11 a/b/g/n 2.4G, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, GPS with A-GPS, FM Radio, Recording, GLONASS, microUSB v2.0, accelerometer, proximity, HTML5, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM,Browser , Browser HTML 5,Photo/video Editor, document viewers. (YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close