News

TCASH Jalin Kerja Sama Strategis dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa dan Indonesia Mengajar untuk Akselerasi Perkembangan Less-Cash Society di Indonesia

Foto 4 okSebagai salah satu penyelenggara uang elektronik nasional terbesar di Indonesia, TCASH baru saja menjalin kerja sama strategis dengan lembaga non-profit lokal, yaitu Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Ventures dan Indonesia Mengajar. Kerja sama ini turut mewujudkan komitmen TCASH untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui perkembangan teknologi.

TCASH mendukung YCAB Ventures sebagai sarana pembayaran cicilan pinjaman secara non-tunai bagi pengusaha mikro yang merupakan mitra usaha mereka; sedangkan kerja sama strategis bersama Indonesia Mengajar memanfaatkan fitur donasi digital TCASH, untuk penggalangan dana (Iuran Publik) guna mendukung program keberangkatan Pengajar Muda ke pelosok negeri.

Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, “Sejak awal diperkenalkan, TCASH berupaya untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia dalam mengintegrasikan gaya hidup non-tunai dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama TCASH bersama YCAB Ventures dan Indonesia Mengajar ini pun merepresentasikan komitmen tersebut, dimana kami bekerjasama dengan berbagai lembaga di Indonesia yang memiliki visi serupa guna mendukung misi pemerintah mendorong akselerasi terciptanya less-cash society di negeri ini.”

Foto 1 okTCASH saat ini memiliki lebih dari 15 layanan bisnis yang dapat diakses melalui tiga metode transaksi utama, yaitu Snap QR Code di aplikasi TCASH Wallet; TCASH Tap sticker NFC; dan kode akses UMB. Kerjasama dengan YCAB Ventures dan Indonesia Mengajar ini akan memanfaatkan ketiga metode tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan anggota komunitas dari masing-masing lembaga.

TCASH mendukung program YCAB Ventures memberikan pinjaman bagi Ibu-ibu pengusaha mikro yang menjadi mitra usahanya. Pinjaman tersebut disalurkan melalui akun TCASH dan dapat dicairkan dengan mudah melalui toko retail Alfamart, Indomaret, GraPARI, dan Konter Pembayaran Resmi Bang TCASH. Sedangkan, pembayaran cicilan pinjaman juga dapat dilakukan melalui TCASH melalui kode akses UMB *800*9222#. Sebagai langkah awal, layanan ini dapat dilaksanakan di wilayah Rawa Belong, Jakarta Barat.

Muhammad Farhan, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation mengatakan, “YCAB selalu berusaha untuk mengadopsi cara-cara inovatif dan inklusif untuk mempermudah kegiatan mitra usahanya. Karenanya kami percaya kolaborasi dengan TCASH ini merupakan salah satu kemudahan bagi ibu mitra usaha kami, dalam mendapatkan pinjaman dan melakukan pembayaran. Melihat kemudahannya, kami optimis layanan ini dapat bermanfaat bagi anggota komunitas YCAB.”

Foto 5 okUntuk memanfaatkan layanan pembayaran pinjaman menggunakan TCASH ini, mitra usaha YCAB Ventures cukup memastikan akun TCASH mereka telah diubah menjadi akun full service/premium. Selain lebih mudah, aman, dan cepat, Ibu-ibu pengusaha mikro mitra usaha YCAB Ventures pun dapat memanfaatkan berbagai layanan TCASH, seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, telepon), pembelian pulsa/data, ataupun pembayaran di merchant favorit.

Tak hanya YCAB Ventures, TCASH pun menjalin kerja sama strategis dengan lembaga non-profit Indonesia Mengajar, untuk mendukung penggalangan donasi (Iuran Publik). Hasil dari penggalangan donasi (Iuran Publik) akan digunakan untuk pembiayaan program Pengajar Muda dalam mengirimkan pemuda-pemudi terbaik yang siap untuk ditugaskan ke berbagai daerah di penjuru Indonesia. Dukungan dapat disalurkan oleh pelanggan TCASH melalui fitur donasi digital dalam aplikasi TCASH Wallet, yang memudahkan pelanggan agar bisa menentukan sendiri nilai donasi sesuai preferensi.

Tak hanya itu, untuk mengajak lebih banyak pelanggan berdonasi, TCASH pun menyelenggarakan kampanye “Donasi #pakeTCASH – Indonesia Mengajar”, selama periode 29 Agustus-31 Oktober 2018 guna memaksimalkan pencapaian donasi digital untuk mendukung keberangkatan 48 pengajar muda angkatan ke-17 yang akan ditempatkan di enam kabupaten, yaitu Aceh Singkil, Natuna, Nunukan, Kepulauan Sula, Kepulauan Yapen, dan Pegunungan Bintang. Selain melalui aplikasi TCASH Wallet, dalam kampanye ini, pelanggan juga dapat melakukan donasi digital melalui fitur Snap QR Code pada merchant favorit TCASH.

“Melihat semakin meningkatnya tren pengumpulan pendanaan secara non-tunai, kami percaya TCASH merupakan rekan strategis yang sesuai bagi Indonesia Mengajar, guna memaksimalkan komitmen kami dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dan mendukung pemerataan akses pendidikan berkualitas di pelosok negeri. Didukung jangkauan wilayah yang luas milik TCASH, kami ingin melibatkan lebih banyak masyarakat Indonesia, karena pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujar Haiva Muzdaliva, Managing Director Indonesia Mengajar.

Menanggapi kerja sama ini, Danu pun menegaskan optimismenya terhadap layanan yang dihadirkan bersama kedua lembaga non-profit tersebut, guna mendukung tercapainya target 40 juta pelanggan TCASH di 34 provinsi di Indonesia pada akhir 2018. “Kami optimis kedua layanan ini dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kami pun berkomitmen untuk mendukung lebih banyak lembaga non-profit lokal dalam menjadi pemimpin perubahan gaya hidup non-tunai di komunitas masing-masing,” tutup Danu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button