News

Microsoft Gandeng YCAB, Pompa Produktivitas Generasi Muda di GenerasiBisa!

Microsoft Gandeng YCAB, Pompa Produktivitas Generasi Muda di GenerasiBisa! 2 (1)Microsoft Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) merilis GenerasiBisa!, yang merupakan sebuah digital platform yang bertujuan untuk membekali generasi muda Indonesia dengan pengetahuan, kepercayaan diri, serta kesiapan dalam berkarier.

Platform yang telah mendapat dukungan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia ini memiliki berbagai fitur, mulai dari program kursus dan mentoring, pencarian kerja, artikel seputar karier, hingga informasi mengenai bursa kerja dan berbagai cara lainnya.

Sejumlah organisasi dan inspirator seperti PT Kawan Lama Sejahtera, PT Indomarco Prismatama (Indomaret), dan Bappenas pun turut mendukung kesuksesan GenerasiBisa! dengan menjadi mitra penyedia kerja serta mentor bimbingan online.

Menurut Veronica Colondam (Founder dan CEO YCAB Foundation) komitmen Microsoft dan YCAB melalui peluncuran GenerasiBisa! Adalah untuk berkomitmen membantu meningkatkan kapasitas generasi muda Indonesia. Sebanyak 70% dari total penduduk Indonesia berada dalam usia angkatan kerja produktif (15-64 tahun).

Hal itu berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia, tetapi sayangnya masih banyak di antara mereka yang belum mendapatkan pekerjaan. Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan 60% dari total pengangguran di Indonesia berada dalam usia angkatan kerja produktif. Di sinilah YCAB dan Microsoft melalui Generasi Bisa! Berupaya untuk membantu permasalahan tersebut.

Generasi Bisa! terbuka untuk anak muda usia 15-24 tahun yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Pengguna cukup membuat  akun di platform  GenerasiBisa! dan langsung  bisa  mengakses berbagai menu serta  materi  pendidikan yang tersedia.

GenerasiBisa! Lahir sebagai bagian dari M-Powered, inisiatif Microsoft di tingkat Asia yang berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi (TI). Inisiatif ini telah sukses diimplementasikan di Thailand, dan menyusul akan diterapkan pula di Malaysia, Vietnam, serta Filipina.

Platform GenerasiBisa! Sejalan dengan misi Microsoft untuk memberdayakan generasi muda agar dapat memperoleh lebih banyak kesempatan di masa depan. Hal ini disampaikan oleh Andreas Diantoro (President Director Microsoft Indonesia) yang mengatakan bahwa Microsoft mendukung pengembangan GenerasiBisa! Dengan menyediakan layanan komputasi awan Microsoft Azure.

Dukungan teknologi ini merupakan bagian dari Public Cloud for Public Good, sebuah program Microsoft Philanthropies yang bertujuan untuk menyediakan akses komputasi awan kepada organisasi non-profit, institusi pendidikan, anak-anakmuda, serta komunitas.

Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia) menyambut baik inisiatif Microsoft dan YCAB dengan mengatakan bahwa tingginya jumlah penduduk usia produktif menunjukkan besarnya potensi Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa. Dan hadirnya platform GenerasiBisa! Diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi generasi muda agar menjadi generasi mandiri dan bermartabat, yang memiliki kompetensi spiritual, sosial, serta teknis atau substansial. (YOKE)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button