News

Indosat Ooredoo Gandeng Thuraya,  Kembangkan Layanan Satelit di Indonesia

Indosat Ooredoo okeDibekali oleh komitmen untuk menyediakan solusi ICT terbaik bagi pelanggan bisnisnya, beberapa hari yang lalu Indosat Ooredoo dan Thuraya Telecommunications Company, salah satu operator layanan satelit terkemuka dunia, menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU). Adapun kerjasama ini  adalah untuk mengembangkan berbagai layanan baru dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan satelit Thuraya untuk melengkapi portofolio jaringan Indosat Ooredoo dan memperluas layanan ke daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan kabel atau selular GSM.

Selain itu penandatanganan MoU ini menciptakan kerangka kerja untuk kerjasama masa depan di tiga bidang utama. Pertama, mengembangkan layanan roaming sehingga pelanggan selular Indosat Ooredoo dapat tetap berkomunikasi di jaringan Thuraya. Kedua, bundling perangkat satelit dengan aplikasi digital Indosat Ooredoo, dan ketiga pengembangan teknologi IoT (Internet of Things).

Pemanfaatan jaringan satelit  ini memungkinkan  makin  banyaknya  aplikasi-aplikasi bisnis sehingga perusahaan dapat memperluas operasi dan layanan di area yang tidak terhubung jaringan telekomunikasi kabel atau selular, atau di lingkungan dengan kondisi yang ekstrim, atau dalam kondisi darurat bencana dimana jaringan telekomunikasi lumpuh.  Sementara itu berbagai industri seperti minyak dan gas, pertambangan, perkebunan, pelayaran, perikanan dan kelautan, militer dan kepolisian yang beroperasi di luar jangkauan jaringan telekomunikasi kabel dan selular dapat memanfaatkan jaringan satelit untuk meningkatkan produktifitasnya.

Menurut Bilal Hamoui ( Thuraya Chief Commercial Officer) mengatakan bahwa  MoU ini merupakan langkah penting menuju kerjasama jangka panjang yang luas dan menarik antara Indosat Ooredoo dan Thuraya.  Indonesia adalah negara kepulauan yang luas, dan  membutuhkan konektivitas yang andal untuk menghubungkan tiap daerahnya.

Herfini Haryono (Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo)  mengatakan bahwa  Indosat Ooredoo Business selalu berupaya untuk menjadi mitra penyedia solusi ICT terdepan dan terpercaya bagi pelanggan bisnis dan korporasi. Penandatangan MoU ini adalah upaya Indosat Ooredoo Business untuk mendukung tranformasi digital para pelanggan korporasi  di Indosat Ooredoo dengan  menciptakan   kemudahan dalam  komunikasi, akses informasi dan aplikasi di lokasi-lokasi terpencil di Indonesia.  (YOKE)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button