Majalah Digital JanganTulalit

MaidSafe Hadir di Indonesia Perkenalkan Jaringan ‘SAFE’ (Secure Access for Everyone)

783 0

madesafe 1Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology/ICT) demikian pesatnya hingga masyarakat tidak bisa menghindarkan diri darinya. Tiap sendi kehidupan masyarakat kini bisa di kelola dengan aplikasi berbasis ICT. Hidup menjadi semakin mudah ketika aplikasi tepat guna menemani keseharian masyarakat.

Dengan tingginya permintaan akan kebutuhan keamanan dalam teknologi ICT tersebut, MaidSafe hadir di Indonesia sebagai perusahaan teknologi asal Skotlandia yang telah membuat terobosan baru sebuah jaringan SAFE (Secure Access for Everyone) yang telah dirancang selama satu dekade lebih. Jaringan aman ini membuat data dan komunikasi terdesentralisasi dengan menggunakan berbagai macam kemampuan komputer dari seluruh pengguna jaringan. Dengan tidak tersentralisasi seperti itu, keamanan  yang disediakan semakin pasti.

Lebih jauh, MaidSafe menggunakan desentralisasi data yang tersebar di seluruh dunia, sebagai penyimpanan file yang memungkinkan jaringan menjadi kuat dalam menanggulangi serangan cyber dari pihak luar. Dipastikan tidak ada kelemahan dalam sistem MaidSafe, yang juga memiliki jaringan redundansi data yang diprogram untuk menyimpan salinan duplikat dari setiap bagian data, karena redundansi memiliki sifat prediktibalitas tinggi (high predictable) maka informasi pun menjadi rendah (low information) yang membuat data tidak akan dapat dijebol oleh hacker karena data tidak lengkap.

Dari sisi bisnis teknologi, MaidSafe diibaratkan sebagai pemilik lahan bagi penyimpanan data penting konsumen. Meskipun begitu, MaidSafe tidak memiliki kontrol terdapat status data konsumen karena secara sistem akan diacak untuk penyimpanannya yang tersebar di beberapa lokasi/jaringan/server dan memiliki sejumlah fitur untuk menjaga kerahasiaan data dimana konsumen sendiri lah yang tahu letak penempatan data nya sehingga dapat mengkontrol data yang dimilikinya dan terjamin tersimpan aman.

David Irvine, CEO & Founder Maidsafe merasa gembira untuk memperkenalkan terobosan baru yang dapat menjadi solusi teknologi yang terjamin keamanannya sekaligus menjadi investasi bisnis yang menjanjikan melalui jaringan SAFE. “Kami percaya jaringan SAFE akan digunakan oleh milyaran orang untuk mengerjakan berbagai hal yang sudah biasa dilakukan dalam internet, bahkan lebih baik. Desain jaringan SAFE ini juga sangat sederhana, elegan dan berakar dari alam. Memberikan hasil jaringan yang aman dengan biaya terjangkau  yang pastinya akan menjadi transformasi/perubahan dalam internet commerce. JaringanSAFE juga akan terbebas dari campur tangan korporasi atau pemerintah karena arsitektur yang di desain adalah menggunakan kapasitas ruang/space pada jaringan yang ada”, ujar David

Jaringan SAFE sendiri telah diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2016 lalu yang memungkinkan pengguna untuk: secara aman menyimpan data publik, membagikan data pribadi, membuat halaman situs SAFE, memiliki identitas publik sendiri dan menjadi pemilik website sendiri. Keamanan juga terjaga untuk proses transaksi yang hanya menggunakan cryptocurrency MaidSafeCoin dengan menggandeng sister company coinpayment.netCryptocurrency itu sendiri saat ini telah berkembang menjadi investasi yang cukup menjanjikan di dunia bisnis.

MaidSafe adalah perusahaan B2B (Business to Business) yang memasok layanan IaaS dan PaaS dimana konsumen masa datang akan berasal dari pengembang individu atau enterprise. “Untuk 18 bulan ke depan, MaidSafe akan menambah fitur jaringan, membangun konsep aplikasi penyimpanan dan pesan yang nyata dan mempromosikan pengembangan pertukaran SafeCoin. Perusahaan ini akan memperoleh pendapatan utamanya dari biaya pemeliharaan dalam mata uangSafeCoin yang akan bertukar untuk mata uang Fiat. Pendapatan yang diperoleh secara otomatis dari pengguna jaringan dan kesuksesan finansial ditentukan oleh jumlah pengguna dan penggunaan jaringan”, ungkap Nick Lambert, COO MaidSafe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.