Majalah Digital JanganTulalit

Tips Menambah Kapasitas Memori di Henpon

944 0

vivo-v5-7Henpon memiliki kapasitas memmori yang pasti ada batasannya. Kalau seri mahal memang besar, tapi bicara seri kelas menengah ke bawah, maka kamu mesti pinter-pinter supaya memori tidak cepat habis dan penuh. Karena kalau memori tinggal sisa sedikit, henpon jadi lemot dan kurang greget.

Kalau memang dirasa perlu, sebenarnya aplikasi yang bisa membuat memori penuh dan nggak penting sebaiknya dihapus saja. Nah, JanganTulalit punya sedikit resep untuk membuang aplikasi yang tak perlu tapi sangat menggerogoti memori dan performa henpon.

  1. Hapus aplikasi RAM booster dan sejenisnya.

Sekarang banyak banget aplikasi yang menawarkan RAM booster buat membebaskan RAM yang sedang terpakai. Alasannya supaya henpon kembali ngebut dengan cara menutup paksa aplikasi di background secara agresif. Tapi jangan salah, aplikasi ini justru membuat henpon tambah lemot karena semua aplikasi yang ditutup harus ‘restart’ ulang.

  1. Hapus aplikasi Anti Virus dan semacamnya

Sah-sah aja percaya  aplikasi anti virus dan sejenisnya. Tapi ternyata aplikasi seperti ini tak terlau berguna. Android sendiri sudah punya sistem keamanan. Sebenarnya aplikasi jenis ini lebih cocok buat kamu yang sering download aplikasi APK dari luar Play Store.

  1. Hapus Aplikasi Baterai

Aplikasi penghemat baterai ternyata tak terlalu bermanfaat buat pengguna Android. Kecuali satu hal, kamu sudah melakukan rooting henpon. Aplikasi ini harus punya kontrol penuh terhadap henpon, tapi masalahnya buat henpon yang tidak di-root jadi kurang optimal. Padahal kita bisa kok menutup aplikasi yang menyedot baterai dengan cara ‘force close’.

  1. Hapus Bloatware

Kalau harus memilih, rasanya ingin menghapus aplikasi bloatware alias aplikasi bawaan di henpon yang penting. Sayangnya, banyak vendor yang sengaja membuat aplikasi ini tak bisa dihapus dari sistem. Solusinya, deactivate kalau memang tak bisa dihapus. Cara lain, beli henpon yang tak banyak berisi bloatware.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.