GadgetNews

Smartfren Andromax B, Harga terjangkau bisa Nikmati Layanan VoLTE Smartfren

Andromax B produk kemasanSmartfren sebagai salah satu operator 4G LTE saat ini memperkenalkan henpon terbarunya yakni Smartfren Andromax B. Henpon ini sudah mendukung jaringan 4G LTE Smartfren yang menjadi andalannya. Selain itu juga Andromax B sudah suport VoLTE yakni Voice Over LTE dimana pelanggan bisa melakukan panggilan suara ataupun Video melalui jaringan 4G LTE dari Smartfren .

Perihal spesifikasi yang diusung oleh Andromax B, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Andromax A, karena keduanya sama-sama mengandalkan kinerja dari processor Qualcomm Snapdragon 210 dan memiliki layar berukuran 4.5 inci.

Tapi ada beberapa perbedaan antara Andromax A dan Andromax B. Salah satunya adalah sistem operasinya. Andromax B sudah menjalankan OS Android Marshmallow. Sedangkan Andromax A masih menjalankan OS Android Lollipop.

Selain itu, di Andromax B terdapat fitur SVI (Sulight Visibility Improvement) yang berguna untuk meningkatkan ketajaman layar ketika henpon ini digunakan oleh Anda saat berada di bawah sinar matahari. Sehingga layar henpon tetap dapat dengan jernih, dan bright menampilkan berbagai konten tanpa silau.

DESAIN DAN LAYAR

Andromax B tampak depan belakang 1Jika ditinjau dari tampilan fisiknya, henpon ini memang memiliki desain yang tak jauh beda dengan saudaranya Andromax A yang juga diproduksi oleh Haier. Bodi Smartfren Andromax B dibangun dengan bahan plastik solid. Desainnya sederhana, simple dan sangat nyaman digenggam. Jika mempertimbangkan dimensi, henpon ini memiliki bodi mungil, bahkan sangat nyaman digenggam oleh tangan wanita.

Perihal pilihan warna, henpon ini tersedia dalam pilihan warna hitam, emas, dan putih emas. Secara garis besar, sangat nyaman digenggam, dan Andromax B Desainpemilihan bahan dengan material plastik mempengaruhi bobot henpon ini yang jadi tergolong ringan.

Penampang visualnya menggunakan layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen dengan besaran 4.5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi. Meski layarnya belum HD, namun layar IPS LCD di Andromax B ini cukup mumpuni untuk menghasilkan tampilan gambar yang tajam dan bright.

Terlebih, layarnya dibekali dengan fitur SVI (Sunlight Visibility Improvement) buatan Qualcomm yang memungkinkan pengguna untuk menikmati layar Smartfren Andromax B ini dengan jelas meskipun di bawah sinar matahari.

Namun bicara soal fitur proteksi layar, sayangnya Smartfren Andromax B belum dibekalkan fitur proteksi layar, sehingga Anda perlu berhati-hati dengan resiko gores dan paparan debu serta air di henpon ini.

Dan sepertinya Anda perlu untuk membeli screen guard atau lapisan pelindung layar sehingga dapat meminimalisir kerusakan dan lecet pada layar. Maklum lah, karena henpon ini dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis.

FITUR

Andromax B Desain 1Selisih harga sekitar Rp. 200 ribuan antara Andromax B (yang dibanderol Rp. 849.000) dengan Andromax A (Rp. 649.000), tentu berpengaruh pada beberapa fitur yang ditingkatkan di Smartfren Andromax B.

Smartfren menambahkan beberapa fitur baru di Smartfren Andromax B. Dimulai dari penggunaan sistem operasi Android yang versinya lebih baru dibandingkan dengan Samrtfren Andromax A. Smartfren Andromax B telah menjalankan OS Android Marshmallow, berbeda dengan Smartfren Andromax A yang masih menjalankan Lollipop.

Bicara soal fitur andalan dari henpon Smartfren, tentu salah satu fitur yang diandalkan adalah teknologi Voice Over LTE (VoLTE). Smartfren Andromax B juga dibekali fitur tersebut. Dengan kualitas internet cepat (4G/LTE) memungkinkan Anda untuk menikmati koneksi internet cepat, browsing dengan nyaman, dan bahkan dapat melakukan VoIP dengan kualitas lebih stabil.

Selain itu, Andromax B dilengkapi teknologi Vo-WIFI (Voice Over WiFi). Kegunaannya tak berbeda jauh dengan VoLTE, Dengan fitur VoWiFi, pengguna layanan 4G dapat menerima atau melakukan panggilan dengan memanfaatkan jaringan internet Wi-Fi.

Misalnya, saat Anda di Papua atau luar negeri yang tidak ada diliputi sinyal Smartfren, dia cukup memanfaatkan akses internet WiFi yang ada sehingga nomornya bisa tetap terhubung dengan jaringan seluler.

Tapi fitur ini berbeda dibanding panggilan suara Voice over Internet Protocol (VoIP) yang dijalankan layanan seperti WhatsApp atau Line. VoIP memakan kuota data, sedangkan VoWiFi menggunakan tarif percakapan biasa.

Smartfren Andromax B tercipta sebagai henpon Dual SIM, yang di mana slot kartu SIM Smartfren di slot 1 dan slot 2 dapat Anda gunakan untuk kartu SIM GSM.
Selain dukungan koneksi internet cepat, ada beberapa konektivitas pendukung lainnya yang terdiri dari, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth V4.0, GPS, dan port MicroUSB 2.0.

Ada hal yang cukup menarik terkait dengan WiFi Hotspot di Smartfren Andromax B. Henpon ini dibekali kemampuan untuk berbagi koneksi internet (tethering) sampai ke 8 perangkat. Ini peningkatan dari Smartfren Andromax A yang hanya bisa memungkinkan untuk berbagi koneksi internet cepat ke maksimal 5 perangkat.

Andromax B batrai dan SimcardUntuk mendukung operasional dan kinerja henpon ini, Smartfren menyediakan baterai berkapasitas 1.900 mAh yang dioptimalkan oleh teknologi Smart Data Optimizer yang menjadikan baterai lebih hemat daya.

Di sektor fotografi, Smartfren Andromax B dibekali dengan resolusi kamera depan dan belakang yang sama dengan Andromax A. Pada kamera depan memili resolusi 5MP dengan fitur Wide Angle yang dapat memungkinkan Anda berfoto selfie dengan banyak teman-teman Anda.

Selain itu, Smartfren Andromax B dibekali dengan kamera utama beresolusi 5 MP. Kamera tersebut dioptimalkan oleh fitur Autofocus dan BSI-CMOS LED Flash, sehingga mampu menghadirkan hasil jepretan yang tajam dan natural. Di sektor perekaman video, henpon ini dibekali kemampuan merekam video HD 720p@30fps yang diambil melalui kamera bagian belakang.

Beralih ke sektor multimedia, Smartfren Andromax B dibekali dengan fitur pemutar musik dengan memanfaatkan aplikasi Google Play Music. Dan didukung oleh fitur Equalizer dan perangkat lunak Snapdragon Audio+ yang menghadirkan output audio yang bisa Anda gunakan untuk mengatur genre musik dan pengaturan musik sesuka hati.

KINERJA

Perihal kinerjanya, Andromax B mengandalkan processor quad core Qualcomm Snapdragon 212 dengan clock speed 1,3 GHz yang disandingkan dengan kelola grafis menggunakan GPU Adreno 304, RAM berkapasitas 1GB, memori internal (ROM) 8GB dan disokong untuk penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD hingga 32GB.

Menjadikan performa multitasking Andromax B berjalan dengan mulus dan sanggup untuk menjalankan banyak aplikasi dengan lancar. Namun saat kami menjajal henpon ini untuk menjalankan game dengan bergrafis kualitas HD sering mengalami lag.

Andromax B assesoriesUntuk menguji kinerja Andromax B, Jangan Tulalit menggunakan aplikasi benchmarking Antutu Benchmark v6.2.7, dan Quadrant Standard. Sedangkan untuk mengukur kinerja grafis dari GPU di Smartfren Andromax, kami menggunakan NenaMark 2.

Dengan menggunakan aplikasi NenaMark 2, kualitas grafis Smartfren Andromax B diketahui hanya mencapai skor 37,4 fps. Maka wajar dengan perolehan skor frame per-second yang agak rendah ini menjadikan pengalaman menjalankan game bergrafis berat kerap nge-lag di henpon ini.

Untuk mengukur kinerja prosesor, kami menggunakan aplikasi Antutu, dan henpon ini berhasil meraih skor 17217, dan dengan menggunakan aplikasi benchmarking Quadrand Standard, Andromax B berhasil meraup skor 8653.

KESIMPULAN

Dengan harga banderol murah meriah yakni Rp.849.000; (harga sudah termasuk PPN), henpon ini memang ditujukan bagi Anda yang membutuhkan perangkat yang membantu Anda selalu terkoneksi dengan internet cepat 4G/LTE.

Terlebih dengan beberapa bonus yang diberikan oleh Smartfren saat Anda membeli Andromax B mulai dari bonus total 30GB setahun penuh hanya dengan isi pulsa Rp. 60.000 setiap bulan selama 12 kali. Terlepas bahwa memang ada beberapa “kekurangan” di fitur dan spesifikasi Andromax B, namun henpon ini sangat layak Anda pertimbangkan sebagai henpon murah meriah yang membuat Anda tetap selalu online!

SPESIFIKASI

Jaringan : GSM/HSPA/ LTE (Dual SIM/, dual stand-by)
Dimensi : –
Berat : –
Layar : 4,5 inci, IPS LCD (480 x 854 pixels) , (~218 ppi pixel density), 16M colors, Smart Screen Feature, Sunlight Visibility Improvement
Memori : RAM 1GB, memori internal 8GB
Processor : Processor Quad Core Qualcomm 210 1.3 GHz Cortex A7
GPU : Adreno 304
OS : OS Android v6.0 Marshmallow
Kamera : Kamera depan 5MP, autofocus, led flash, panorama, HDR; Kamera belakang 5 MP; Video : 720p@30fps
Baterai : Lithium Ion Li-Ion 1.950 mAh
Fitur : Smart Split 2.0, Alert types Vibration, MP3, WAV eAAC+Player, FLAC Player, MP4/WMV/H.264 player
Koneksi : WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0 A2DP, microUSB v2.0, GPS : A-GPS, Wi-Fi Hotspot (Tethering) sampai 8 perangkat, microUSB v2.0.
Fitur : SMS(threaded view), MMS, Email, IM, Browser, Photo/video Viewer, FM Radio
Varian Warna : Hitam, Putih-Emas dan Emas
Harga : Rp. 849.000;
Website resmi : http://www.smartfren.com/id/andromax-b/ (YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close