Majalah Digital JanganTulalit

Ini Dia Penyebab Charging Henpon Jadi Lama

1.52K 1

charging

 

Siapa yang pernah tertimpa masalah charging henpon yang lamaaaa banget? Saya rasa rata-rata pernah mengalaminya. Ternyata semua itu gara-gara adanya proses kelambatan dalam pengisian baterai. Memang tidak berdampak langsung pada henpon, tapi menunggu baterai terisi penuh itu sangat membosankan, apalagi kalau lama sekali.

Nah, berikut ada beberapa hal yang sepertinya menjadi faktor utama pengecasan baterai menjadi begitu lama. Ini dia diantaranya:

Kabel Charger Jelek

Salah satu faktor utama yang membuat proses pengisian baterai henpon jadi lama adalah kabel. Jadi kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah kabel charger kondisinya baik atau tidak. Salah satu permasalahan yang membuat kabel rusak adalah jatuh, terinjak, ditarik paksa yang mengakibatkan serat dalam kabel bermasalah. Alhasil, proses charging melambat.

Sumber Daya Lemah

Nah, ini juga merupakan faktor yang bisa membuat pengecasan baterai jadi berjalan lambat. Harus diketahui apakah sumber daya masih bekerja dengan baik menyalurkan energi ke baterai henpon atau sebaliknya. Tapi kamu juga harus tahu lho kalau sumber daya mengalirkan energi yang berbeda-beda.

Ambil contoh lubang USB pada laptop dan sumber listrik langsung. Bisa dipastikan kalau menggunakan sumber data via USB pada laptop akan lebih lambat pengecasannya dibanding dari sumber daya listrik atau stop kontak. Jalur listrik dari lubang USB pastinya akan terbagi-bagi terlebih dahulu sehingga tidak hanya terfokus pada henpon, tapi juga komponen lain dalam laptop.

Adaptor Buruk

Adaptor kerap menjadi biang keladi yang membuat pengecasan baterai henpon jadi melambat. Akibatnya bermacam-macam, mulai dari tidak sengaja terlempar atau terbanting dengan keras. Jadinya, komponen di dalam bermasalah. Kalau memang sudah begini, kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Henpon yang Sudah Jadul

Memang terlalu ekstrim tapi mengganti henpon yang sudah jadul bisa menjadi pilihan jika kamu ingin mendapat kecepatan dalam pengisian baterai. Beberapa henpon baru yang beredar sekarang contohnya, sudah didukung chipset yang bisa mengisi baterai dengan cepat.

Baterai Sudah Bermasalah

Ini juga menjadi komponen yang harus diperhatikan saat pengecasan pada henpon mulai melambat. Baterai yang bermasalah atau buruk bisa menjadi penyebab utama kenapa hal ini terjadi. Solusinya, cek jenis baterai apakah masuk dalam produk yang memiliki batch buruk. Bagaimana kalau baterai removable? Pengguna bisa melihat kondisi secara fisik, jika terlihat sedikit menggembung berarti baterainya bermasalah. Bawa ke service center untuk mendapat baterai pengganti.

Port Konektivitas Tersumbat

Memang sedikit lucu tapi port konektivitas yang tersumbat bisa membuat pengecasan jadi lambat lho. Diletakkan lama dalam saku atau disimpan lama tidka menjamin henpon tak terkena debu atau tersumpal serabut benang. Bersihkan lubang atau sedot dengan vacuum USB sebagai solusi. Korosi pun bisa menjadi penyebab lainnya.

One Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.