News

BTS 3G di Pulau Belakang Padang Layani Masyarakat Perbatasan

XL 3Pulau Belakang Padang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Batam, Riau Kepulauan ini berbatasan langsung dengan perairan internasional dan negara jiran Singapura. Posisinya yang berada di perbatasan wilayah negeri ini membuatnya menjadi cukup strategis dilihat dari sisi ekonomi dan ketahanan nasional. Untuk itu, PT XL Axiata memiliki perhatian khusus terhadap pulau ini dengan menempatkan BTS 3G.

VP West Region – Bambang Parikesit mengatakan, “Layanan komunikasi XL di Pulau Belakang Padang sudah kami lakukan sejak tahun 2004. BTS di pulau ini mulai terintegrasi dan melayani lebih dari 2000 pelanggan XL yang akan terus meningkat, dan telah dilengkapi dengan layanan berbasis data – 3G HotRod sejak Maret 2012. Selain karena pertimbangan pasar, keberadaan BTS di pulau ini sekaligus sebagai dukungan kami kepada pemerintah dalam memajukan wilayah perbatasan.”

Pulau ini juga dikenal sebgai Pulau Penawar Rindu yang menjadi pusat dari Kecamatan Belakang Padang yang membawahi 7  kelurahan dan kurang lebih 55 pulau kecil di sekitarnya. Jumlah Penduduk  kecamatan ini sekitar 25 ribu jiwa.

Wujud dari  komitmen XL dan ikut serta membangun masyarakat di sekeliling BTS dan di wilayah perbatasan, XL menyerahkan sejumlah donasi bagi komunitas warga Belakang Padang.  Direktur Technology Digital Services XL – Dian Siswarini dan VP West Region – Bambang Parikesit, bertempat di site pulau Belakang Padang, menyerahkan donasi kepada komunitas pengemudi becak dan ojek di wilayah ini berupa kartu komunitas.

XL 1Warga bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk melakukan panggilan dan SMS secara gratis antar sesama anggota komunitas. Di tempat yang sama, XL juga menyerahkan donasi pendidikan kepada sekolah terdekat di sekitar lokasi BTS, berupa peralatan sekolah.

Dalam kesempatan dan hari yang sama, di daerah Bengkong – Batam, XL juga menyerahkan donasi pendidikan lainnya bagi pelajar Batam berupa peralatan sekolah, beasiswa, dan pemasangan telepon umum gratis (TUG). Bantuan diberikan oleh Management XL West Region Sumatera, bertempat di SMA Negeri 8 dan SMP Negara 30 Bengkong – Kota Batam,

Selain di Pulau Belakang Padang, XL juga memiliki sejumlah BTS di pulau terluar lainnya. Di wilayah sekitar Sumatera, XL memiliki BTS di Pulau Sabang (ujung Barat RI), Pulau Simeulue (Samudera Hindia), dan Natuna (Laut Cina Selatan). Di Kalimantan, BTS XL juga melayani masyarakat di daerah perbatasan dengan Malaysia, yaitu di Pulau Sebatik dan Nunukan. Sementara itu di Indonesia Timur, daerah perbatasan dengan Papua Nugini dan Pasifik XL menempatkan BTS untuk melayani masyarakat di Merauke dan Biak. .

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button