Majalah Digital JanganTulalit

Review Samsung A50 : Samsung kelas Menengah . Memiliki fitur mewah. Dipake buat Ngegame oke, fitur kameranya Oye !

29.02K 0

Dalam beberapa bulan ini Samsung seperti “Kalap” dengan menggelontorkan seabreg smartphonenya kepasar Indonesia. Kalau diingat mula pertama meluncurkan seri M20, di susul M10, tak kurang puas akhirnya meluncurlah seri A yang digadang sebagai pengganti seri J yang katanya tidak dikeluarkan lagi.

Seri A yang meluncur deras dimulai dengan hadirnya seri Samsung A10 kemudian A20, A30, A50, dan A70 . Segera menyusul  dan ditungggu yang sangat venomenal adalah A80. Tentu hal ini membuat masyarakat jadi “lier” alias pusing. Bila kita lihat secara sepintas dari sisi tampilan nyaris mirip dan sama secara kasat mata.

Beruntung  Jangantulalit  bisa merasakan dan mencoba salah satu dari type yang dikeluarkan oleh Samsung yakni A50. Ya tidak terlalu baru sih, malah Samsung A70  sudah beredar dan ada dipasaran. Oke deh yuk kita telisik seperti apa sih henpon yang hadir kepasaran dengan dua varian ini yakni  RAM 4 GB dengan  ROM 64 GB dan RAM 6 GB dengan ROM 128 GB.

Pertama mari kita lihat apa saja yang kita dapatkan saat kita membuka kardus dari Samsung A50 ini. Ya semacam unBoxing singkat lah. Pertama tentu Smartphonenya, kemudian kepala charger  yang sudah  suport  pengisian cepat, kabel data yang sudah suport kabel Tipe C dan Ear Phone. Sayangnya gak ada soft case didalamnya padahal ini sangat bermanfaat.  Pelit nih Samsung , dilihat dari  biaya produksinya softcase kan gak mahal mahal banget.

Dari sisi desain, terlihat sangat mewah, walau kalau ditelik secara detail berbahan plastik glossy yang memancarkan sinar sinar bias pelangi warna warni. Kami sih suka dengan tampilan seperti ini. Bodinya cukup tipis, bagi yang suka tentu menjadi nilai lebih. Sebenernya sih tebal tapi karena agak melengkung di sisi sisi bodynya maka terlihat dan dirasakan tipis. Bila dirasa licin dan gak nyaman bisa ditambahkan  softcase tentu harus dibeli secara terpisah karena Samsung gak menyedakannya.

Dibagian sisi kanan terdapat  sim tray yang kalau kita buka akan terlihat bisa menampung 2 simcard dengan satu slot micro SD. Bisa diisi sampai dengan 512 GB. Hal ini bikin nyaman banget karena kita bisa menggunakan 2 Simcard sekaligus plus micro SD yang cukup lega sampai dengan 512 GB. Dan ternyata kalau diperhatikan Samsung sudah memberikan fitur  triple Slot ini dihampir semua seri A nya dari A20, A30, A50, dan A70.

Sementara di bagian sisi kiri terdapat tombol volume dan power. Dibagian atas terlihat polos, tapi dibagian bawah sisi hape ini terdapat  tiga lubang yakni dari kiri ke kanan lubang jack Audio 3,5 mm, lubang charger dan data dengan type Cnya dan dibagian paling kanan ada lubang speker  yang mengeluarkan  suaranya cukup kenceng.

Untuk posisi kamera dibagian depan ada pas ditengah layar bagian atas berkemampuan 25 MP f/2.0. Samsung menggunakan layar Infinity-U Super AMOLED didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design. Bagian layar terdapat notch kecil berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan, dan di atasnya terdapat speaker untuk mendengar saat  berkomunikasi telepon.

Bentang layarnya  6,4 inci Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M color, screen-to-body ratio 84,9 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9, dilapisi Corning Gorilla Glass 3 menjadikan layarnya bening dan nyaman dimata.

Satu hal lagi adalah adanya  fitur Finger Print yang terdapat dibalik layar , sayangnya untuk akurasinya gak begitu sergep, masih kalah cepat sama pembuka kunci face recognition dengan menyodorkan muka kita ke hadapan layar.

Dibagian belakang dari Samsung A50 ini dilapisi plastik bernuansa kaca dan memancarkan cahaya pelangi yang menurut  kami keren banget. Ada 3 kamera yang disematkan dibagian belakang ini  bagian atas disebut  Dept camera yang berkemampuan 5 MP dengan f 2,2 gunanya untuk menciptakan efek bokeh. Dibagian tengahnya terdapat kamera utama berkemampuan 25 MP dengan f 1,7 dan paling bawah terdapat lensa Ultra-Wide 123° berkemampuan 8 MP dengan f 2,2

Inilah asiknya dengan 3 kamera ini, bagi merka yang menyukali fotografi maupun Videografi  sangat terbantu dengan kehadiran 3 kamera ini. Saat ini dengan kehadiran lensa super wide membuat angle angle pengambilan gambar menjadi lebih dramatis dan ketika kita mengambil foto wefie akan lebih mudah dan akan lebih banyak yang tercover

Fitur fitur

Untuk urusan fotografi dan Videografi, kami merasakan cukup puas dengan berbagai fitur yang ada di Samsung A50 ini. Hal yang lagi trend saat ini ditanamkannya  Artificial Inteligence (AI) hl ini dibuktikan dengan hadirnya 20 scene optimizer dimana bisa mengenali objek foto seperti, motret makanan, motret bunga, motret sunset, motret awan dn banyak lagi.

Hal ini tentu memberikan banyak keuntungan untuk menghaslkan foto dan video yang bagus. Hal lainnya juga walalu tak disebutkan oleh Samsung di seri A50 ini adalah di kamera utama terdapat stabilzer yang bermanfaat  saat menggunakan fitur Video, dengan fitur ini menjadikan video yang dihasilkan jadi apik dan terbebas  dari shaking. Hal ini juga bisa untuk camera  camera super wide.

Untuk urusan perekaman suara samsung  A50 terbilang sangat baik, dimana  bisa meredam suara sekitarnya hingga suara utama yang dihasilkan terdengar jelas. Nah ini tentu bermanfaat banget bagi mereka untuk membuat konten atau melakukang Vlog. Sehingga tak perlu menggunakan mick eksternal.

Kinerja

Samsung Galaxy A50 menggunakan chipset Exynos 9610, yang belum pernah digunakan di ponsel Galaxy apa pun. Dibangun pada proses fabrikasi 10nm, chipset ini menggunakan arsitektur octa-core big.LITTLE. Keempat inti Cortex A73 yang memiliki clock speed 2.3GHz. kesemuanya ini tentu sangat menunjang performa dari Samsung A50 ini.

Kemampuan dari Samsung A50  bisa melakukan semua kegiatan seperti main game, bersosmed, bahkan edit video dengan aplikasi pihak ketiga tanpa masalah. Sedangkan empat core efisiensi Cortex A53 yang memiliki clock 1.7GHz, memastikan bahwa ponsel ini tidak menyedot daya saat tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Ada GPU MP3 Mali G72 yang menangani grafis.

Ditambah juga dengan besaran  baterai  4000 mAh ditambah menggunakan pengisi baterai yang sudah suport  pengisian cepat, bikin kinerja Samsung A50 ini patut diberikan dua jempol. Namun sayangnya smartphone ini tak memiliki fitur NFC, dimana saat ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang hidup diperkotaan, mislnya untuk cek saldo kartu Flash BCA, Emoney Mandiri dan untuk bertransaksi cashless. Sayang disayang  

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50 pas banget bagi mereka yang suka fotografi dan videografi. Tak terkecuali juga untuk mereka yang gemar bermain games. Fitur super wide nya bisa menjadi andalan membuat conten video dan foto. Untuk fitur stabilezernya bikin video kamu jadi smooth tidak ada goncangan atau getar.

Hal lainnya Samsung A50 ini secara tampilan desain slim dan enak digenggam juga dipandang, apalagi cover belakang yang bak kaca menampilkan warna warna pelangi bikin beda dengan smartphone lainnya. Kalau boleh saran pilih saja A50 4/64 yang harganya 4.099.000 lalu membeli micro SD yang 256 GB atau 512 GB, ketimbang membeli A50 6/128 yang beda harga Rp. 800.000.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.