Majalah Digital JanganTulalit

Yayasan Ginjal Indonesia (YAGIN) menggelar acara SABAR – Santunan Berkah Ramadhan 1440H / 2019

22.68K 0

Bulan penuh berkah Ramadhan menjadi momentum untuk berbagi dengan sesama, Yayasan Ginjal Indonesia (YAGIN) menggelar acara SABAR – SANTUNAN BERKAH RAMADHAN  1440 H/2019 Bersama Anak-Anak Pejuang Gagal Ginjal Dhuafa dari seluruh Indonesia di Gedung Balai Rakyat, Utan Kayu Matraman Jakarta Timur.

Ketua Dewan Pembina YAGIN N. Mulyana mengatakan, karena semakin bertambah anak-anak Indonesia yang cuci darah dan membutuhkan bantuan dari kita semua, menjadi tergerak kami untuk memberikan kontribusi dan manfaat kepada orang banyak.

“Menjadi Relawan atau Donatur bersama Yayasan Ginjal Indoensia dan tentunya memberikan manfaat untuk anak-anak dan orang tua dengan kondisi cuci darah akan memberikan banyak arti kehidupan dan makna hidup sesungguhnya untuk saatnya berbagi sesama dengan membantu sebagai relawan atau donatur”

Yayasan Ginjal Indonesia – Yagin membuka seluas-luasnya kepada masyarakat luas / umum untuk menjadi relawan dibidang IT, Apps, Admin, Marketing, Sosmed, Digital Ads, dll atau menjadi donatur tetap atau regular.

“Pada kesempatan ini Ketua Dewan Pembina Yagin mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dan donatur pribadi atau perusahaan yang telah menyumbangkan dana dan makanan serta minuman demi terlaksananya acara SABAR – Santunan Berkah Ramadhan 1440H/2019 bersama anak-anak pejuang gagal ginjal dhuafadari seluruh Indonesia. Dimana Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk membantu meringankan beban mereka,” kata N Mulyana di Jakarta, Sabtu (18/3/2019).

Harapannya kedepan menurut Ketua Dewan Pembina Yagin adalah anak-anak gagal ginjal ini mendapatkan bantuan pada saat proses transplan ginjal dengan tentunya dukungan dan bantuan penuh dari pemerintah, masyarakat, atau perusahaan. Selain itu juga dari komunitas starup atau mobile Apps yang dapat mendevelop untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu antara pasien gagal ginjal dengan para dermawan atau donatur yang ingin memberikan bantuan materi dari mana saja melalui handphone dengan mobile apps tsb. Sehingga kesenjangan ekonomi yang mampu dengan yang tidak mampu dapat terpenuhi dan terbantu secara online dan langsung.

“Bersamaan dengan acara tersebut, YAGIN me-relaunching Program Zakat Yagin bagi anak-anak penderita gagal ginjal yatim dan dhuafa. Melalui https://www.kitabisa.com/zakatyagin.
Sehingga masyarakat yang mau berbagi dan membantu langsung dari mana saja sudah online”.

Menurut Syaihul Hadi, Program Zakat Yagin ini sangat membantu memfasilitasi anak-anak dengan kondisi sakit ginjal kritis dan harus cuci darah yang tersebar dari beberapa daerah di wilayah Indonesia, di antaranya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Madura, Jawa Timur,  Sulawesi, dan Papua dapat terbantu dengan adanya kitabisa.com.

Ketua YAGIN Syaihul Hadi menambahkan, tujuan didirikannya organisasi ini yaitu mengajak seluruh komponen masyarakat agar peduli terhadap pasien gagal ginjal di seluruh Indonesia dan berusaha untuk melakukan edukasi untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit ginjal, hipertensi serta membantu meringankan beban hidup dan penderitaan yang sudah berlangsung bertahun-tahun untuk menjalani cuci darah dengan mesin.

Syaihul Hadi berharap, ke depannya kepedulian masyarakat terhadap penderita gagal ginjal meningkat, karena banyak hal yang diperlukan misalkan ada pendidikan sekolah khusus seperti home schooling, les Bahasa Asing, Les Musik, Les Hafizd Quran yang dibantu oleh pemuda-pemudi atau organisasi pendidikan untuk mendapatkan hak sekolah yang sama dengan anak-anak lainnya, karena anak-anak dengan kondisi cuci darah tidak dapat sekolah sebagaimana mestinya, di tubuhnya ada alat yang berfungsi untuk menyambung ke mesin jadi serba terbatas.

Secara kebutuhan konsumsi makan dan minum pun serba dibatasin tidak boleh sembarangan, karena ginjal tidak berfungsi lagi akibatnya ke fungsi kantung kemih juga mengalami gangguan, sehinga urin atau racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan pada saat buang air kecil pada umunya,
Jadi membuang racun dalam tubuh pasien gagal ginjal adalah pada saat cuci darah.

Jumlah peserta yang terlibat di acara SABAR – Santunan Berkah Ramadhan YAGIN totalnya 400 orang lebih, di antaranya dari 200 anak-anak dan 200 orangtua dan para undangan Artis diantaranya ada Artis Kajian Musawarah FTV, Sinetron Ari Untung, Ricky Harun, Dimas Prasetyo, Dini Aminarti, Dewi Sandra, Artis Komedi Yadi Sembako, Artis Pendatang Baru Yadi Nathan, dan ustadz Mamang DAI, serta undangan pemerintahan setempat, dokter Ahli Ginjal Anak dan Dewasa, Suster, para medis, dan teman-teman dari media online, cetak dan TV.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.