Majalah Digital JanganTulalit

Huawei P30 Lite yang diremehkan ternayata tak seperti yang dikira. Kameranya bisa disejajarkan dengan Smartphone sekelasnya Kok

8.48K 0

Banyak orang salah persepsi terhadap produk ini, mereka membandingkan dengan merk kakak tertuanya yaitu Huawei P30 yang harganya diatas 10 jutaan. Mestinya gak demikian, kalau kita cermati Huawei P30 Lite ini boleh dibilang sebuah smartphone dengan segmen menengah. Jadi  kalau mau membandingkan ya sama yang segmen tengah toh. Namun apa lacur sudh terlanjur.

Gara gara di Indonesia dikasih nama Huawei P30 Lite yang ada embel embel Huawei P30 yang dibilang banyak orang smartphone sultan dengan kamera besutan Leica, imbasnya Huawei P30 Lite ini diremehkan. Padahal di negara asalnya Cina menggunakan nama Nova 4e. Karuan saja. Mestinya Huawei harus lebih cermat dalam memberi  nama untuk produk smartphonenya.

Padahal kalau dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, Huawei P30 Lite ini setara dan cukup bagus saat digunakan untuk melakukan aktifitas fotografi walau tak dilengkapi dengan kamera Leica. Juga  seperti Video dan bermain game cukup oke juga kok. Nah untuk detailnya yuk kita telisik lebih dalam si Huawei P30 Lite ini.

Dari sisi desain, jangan harap Huawei P30 Lite ini mirip dengan saudara tuanya Huawei P30, pastinya gak bakalan menjumpai tulisan Leica. Kalau diamati sih desainnya mirip dengan seri Huawei Seri Nova, terbukti di Cina sana mananya Nova 4e. Dengan warna hitam legam Midnight Black bermaterial kaca, terlihat gahar lho walau bagi yang suka resik agak terganggu oleh ceplakan sidik jari yang dibasahi keringat.

Dengan ukuran  body  152.9 x 72.7 x 7.4 mm dan bobot 159 g. Huawei P30 Lite memiliki dimensi yang ideal dalam genggaman apalagi sudut sudut yang melengkung bikin terasa nyaman saat digenggam. Bobotnya pun yang terbilang ringan memberikan tambahan kenyamanan.

Dibagian depan huawei P30 lite ini dilengkapi dengan layar layar IPS LCD berukuran 6,15 inci beresolusi 2312 x 1080 pixel. Diatas layar terdapat notch waterdrop sebagai wadah kamera selfie beresolusi 32MP dan speaker receiver. Tentu layarnya sangat lega dengan border yang tipis di setiap sisinya.

Pada bagian belakang Smartphone ini, terdapat 3 lensa dan satu lampu flash. Sementara sejajar dengan triple Cameranya terdapat merk Huawei dengan warna metalik. Seperti halnya smartphone kekinian, Huawei P30 lite ini pun dilengkap dengan finger print yang diletakan dibagian atas tengah, membuat jari telunjuk leluasa untuk menempelkan sidik jari saat mengakses smartphone ini. Jangan pake jempol jadi ribet nantinya.

Di sisi kanan ada tombol volume up dan down serta tombol power. Sementara di sisi kirinya polos tidak terdapat apa-apa. Dibagian bawah terdapat  lubang speaker, jack audio 3,5mm, lubang mic dan Lubang Charger dan kabel data yang sudah menggunakan tipeC. Di bagian atasnya terdapat slot untuk 2 SIM Card dimana yang satu berfungsi hybrid sebagai slot SD Card.

Kinerja

Huawei P30 Lite ditancapkan Chipset Kirin 710 untuk menynjang kinerja dari Huawi  P30 Lite ini, prosesor ini termasuk  kelas menengah seperti  ditemukan di  Huawei Nova 3i, Honor 10 Lite serta Honor 8X. Paduan antara RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang termasuk  berkapasitas besar, menjadikan  daya tarik bagi P30 Lite ini. Bahkan bila dirasa masih kurang  terdapat  opsi ekspansi memori ekssternal dengan microSD sampai 512 GB tuh kan oke smartphone ini.

Seperti lumrahnya ponsel kelas menengah zaman ini, operasional untuk kebutuhan sehari-hari semacam mengakses medsos atau YouTube tidak ditemukan kendala. Termasuk digunakan untuk mengembangkan Hoby  fotografi asik punya. Demikianhalnya juga dengan Videonya. Bisa dipake buat bikin konten youtube deh. Dengan RAM yang 6 GB, membuka beragam aplikasi gak bikin jadi lambat.

Lebih jauh untuk penggunaan fotografi dan Videografi Huawei P30 Lite ini terbilang cukup lumayan di kelasnya berbagai fitur da softwere tertanam di hape ini seperti Fitur Pro yang bisa kita menggunakan mengaturan manual. Ada fitur gerak lambat, Motret Panorama, Bukaan Diafragma dengan mengatur diafragma besar atau kecil, Lukisan Caya dengan speed lambat, HDR, Tome Lapse, Filter, Panorama 3D, Stiker. Pokonya hape ini bisa digunakan buat para pehoby fotografi, walalupun gak bisa disamakan oleh kakaknya P30 dan P30 Pro ya. Ini bisa disamakan dengan hape hape kelas menenngah yang ada di pasaran.

Kesimpulan

So, gak ada keraguan atau meremehkan hape Huawei P30 Lite ini. Walaupun menyandang nama besar P30, tetep oke buat aktifitas fotografi dan Videografi. Melihat dari harganya dan membandingkan dengan merk lainnya yang seharga dan se level Hape ini layak dipilih dan dimiliki. Tetap oke walalu gak ada embel embel nama Leica. Ngerti Ora son sampean. Z

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.