Majalah Digital JanganTulalit

IT Camp Kembali Digelar membahas lebih dalam tentang hacking Big Data

3.6K 0

Belajar bisa dilakukan dimana saja, termasuk di alam terbuka. Meskipun belajar teknologi informasi dengan tema yang relatif berat, dalam IT Camp semua hal justru terasa sangat menyenangkan.

Sejak digelar pertama kali pada 2009, IT Camp terus diadakan secara rutin dan berkala. IT Camp merupakan kegiatan diskusi dan pelatihan teknologi informasi (TI) yang dilaksanakan di alam terbuka layaknya sebuah camping.

IT Camp yang dikoordinir oleh Kelompok Remaja Melek IT (KerMIT) dan Yayasan Onno Center International,  pada tahun ini diadakan pada 14 – 15 September 2019 di Citra Alam Lakeside (Situ Gintung) Cireneu, Ciputat Tangerang Selatan. Sekitar 100an peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, peminat TI hingga profesional TI, bergabung dalam IT Camp 2019.

Pada tahun 2019 ini, IT Camp membahas lebih dalam tentang hacking Big Data, termasuk belajar coding python menggunakan TensorFlow dan Keras. Juga, teknik melakukan Vulnerability Analysis dan Penetration Test. Yang tidak kalah keren adalah praktek teknik menggelar jaringan Fiber Optics.

Ketua Panitia IT Camp 2019 yang sekaligus Ketua Yayasan Onno Center International, Nurlina Purbo mengatakan, “IT Camp tahun ini lebih banyak diikuti oleh para profesional TI yang kesehariannya bersentuhan dengan data. Mengingat betapa pentingnya Big Data, maka keamanannya sangat perlu dijaga dari para hacker yang pintar dan dapat menjebol pertahanan data.”

Big Data sendiri merupakan data yang secara global tidak terstruktur dapat dirubah menjadi terstruktur melalui proses analisa (data mining) sehingga bisa didapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Dengan konektivitas internet, semua menjadi saling terhubung secara terus menerus, dari berbagi data, remote control, sehingga baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya tersambung secara lokal maupun global melalui sensor yang selalu aktif.

Ari Tjahjanto, Direktur FiberStar mengatakan, “Pengolahan Big Data merupakan suatu hal yang dewasa ini sangat penting untuk dimengerti dan dikuasai bukan hanya bagi kalangan profesional namun juga dimulai dari usia sekolah dikarenakan arah perkembangan industri yang kian hari kian terdigitalisasi. Pentingnya koneksi yang dapat diandalkan serta jaringan yang mumpuni memegang peran penting untuk terciptanya pengolahan Big Data tersebut. Dengan jaringan FiberStar, kami mampu memberikan kapasitas hingga 100Gbps.”

Adapun para nara sumber IT Camp 2019 diantaranya:

– Marsekal Madya Hari Pramono (TNI AU)

– Ismail Fahmi (PT. Media Kernel Indonesia)

– Ari Tjahjanto (FiberStar)

– Bobby Pratama (GCR Indonesia)

– Onno W. Purbo (Pakar Internet dari Onno Center International & KeRM.IT)

Sistem belajar TI di alam terbuka seperti IT Camp ini  tidak akan didapatkan di tempat lain. Karena di acara ini peserta langsung bertatap muka dengan para ahlinya dan mempraktekkan Ilmu yang di dapat secara langsung. Dengan suasana yang santai dan kekeluargaan, peserta diharapkan akan lebih cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pembicara. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari penuh. Dan berbeda dari tahun sebelumnya, pada Sabtu malam hari akan dilakukan kegiatan ‘ngoprek’ bersama.

Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, IT Camp juga sudah diadopsi di berbagai daerah, seperti di Aceh (2015), Pemalang (Juni 2016 dan November 2019), Magelang (Oktober 2019). Tidak tertutup kemungkinan, kedepan IT Camp juga akan diselenggarakan di daerah lain di seluruh nusantara.

Tiap tahunnya, tema dan materi pembelajaran yang diberikan selalu mengikuti trend ilmu tekhnologi terbaru. Materi yang pernah disampaikan di IT Camp antara tahun 2009 sampai 2017 antara lain :

– Pengenalan komputer, jaringan, merakit komputer server, pembuatan jaringan internet,

  jaringan wireless maupun internet telepon (VoIP).

– Hacking pemula

– Open BTS dan Cloud Computing

– TV Internet (Streaming), Radio Internet, Home Teater PC, Media Server,

UPnP, OpenBTS, new version (Multi BTS)

–  Big Data, Data Mining, Bit Coin and Z Cash Mining in Internet.

Pakar Internet Onno W. Purbo, mengatakan, “Diharapkan, peserta IT Camp 2019 mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang teknologi-teknologi baru tersebut, sehingga menjadikan mereka lebih kompetitif di dunia pendidikan maupun dunia kerja.”

Kegiatan IT Camp, lanjut Onno, merupakan salah satu misi dari Onno Center International, yakni mencerdaskan bangsa melalui TI. Peserta IT Camp kebanyakan kaum muda yang mempunyai keingintahuan sangat tinggi dan sangat potensial untuk diberikan pemahaman yang benar tentang teknologi-teknologi terbaru.

IT Camp 2019 terselenggara berkat kerjasama dengan PT. Datascrip, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonsia (APJII), PT Astra International Tbk, FiberStar, GCR Indonesia, Linksys, Belkin, Bintang Raya.com, dan Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), serta ICT Watch  yang setia mendukung IT Camp sejak  awal 2009 sampai sekarang.

Sementara rekan media yang mendukung IT Camp 2019 adalah BISKOM, Detik.com, Gizmologi.id, dan Jangantulalit.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.